Beranda Daerah Bintan

DKPP: Untuk Kebutuhan Hewan Kurban, Stok di Bintan Ada 1.342 Ekor

0
Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, DKPP Bintan, drh Iwan Berri Prima-f/masrun-hariankepri.com

BINTAN (HAKA) – DKPP Kabupaten Bintan memprediksi, kebutuhan masyarakat untuk hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha tahun 2024, mengalami kenaikan. Demikian dikatakan Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, DKPP Bintan drh Iwan Berri Prima.

Menurutnya, angka kenaikan kebutuhan hewan kurban tahun ini berkisar 10 persen. Pada tahun 2023 silam kebutuhan sapi 345 ekor, dan kambing 238 ekor.

“Data hewan kurban tahun 2023 itu berdasarkan laporan aplikasi Sistem Informasi Kesehatan Hewan Nasional (sikhnas),” ucap Berri Prima kepada hariankepri.com, kemarin.

Namun, kata Berri Prima selaku Pejabat Otoritas Veteriner (POV) Kabupaten Bintan, meminta warga Bintan tidak perlu khawatir dengan stok hewan kurban di wilayah Bintan.

Sebab, ketersediaan hewan kurban di para peternak di Bintan saat ini cukup untuk permintaan warga yang hendak berkurban yakni, sebanyak 1.342 ekor.

“Sesuai data yang kami terima Kamis (23/5/2024), hewan kurban di Bintan terdiri dari 890 ekor sapi dan 452 ekor kambing,” jelasnya.

Berri Prima mengimbau kepada masyarakat untuk membeli hewan kurban ke para peternak yang ada di wilayah Kabupaten Bintan.

“Hewan-hewan kurbannya pun relatif murah dan dinyatakan sehat dari penyakit mulut dan kuku (PMK) dan penyakit Jembrana untuk sapi Bali,” pungkasnya. (rul)

Baca juga:  Produksinya Rendah, Pedagang Prediksi Harga Sayur akan Naik Jelang Idul Adha

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini