Beranda Headline

Diverifikasi Tim KLHK, Proklim RW 06 Bukit Cermin Kejar Predikat Lestari

0
Tim verifikator dari KLHK saat melalukan penilaian ke Proklim RW 6 Kelurahan Bukit Cermin-f/zulfan-hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), melakukan verifikasi Program Kampung Iklim (Proklim) binaan RW 06, Kelurahan Bukit Cermin, Kecamatan Tanjungpinang Barat.

Camat Tanjungpinang Barat, Haposan Siregar menyampaikan, ada 4 verifikator KLHK melakukan penilaian terhadap Proklim RW 06, yang sudah berlangsung sejak Rabu (5/6/2024) kemarin.

“Penilaian di lapangan selama dua hari, dan berakhir hari ini, Kamis (6/6/2024),” katanya kepada hariankepri.com.

Sebagai tim pendamping, Haposan berharap seluruh kepengurusan Proklim RW 06, bisa terus melakukan inovasi, sehingga bisa meraih prestasi yang terbaik dari pemerintah pusat.

“Di Tanjungpinang ada dua yang di lakukan verifikasi, satu lagi Proklim RW 12 Kelurahan Batu IX, yang verifikasinya pada Jumat (7/6/2024) besok,” terangnya.

Sementara itu, Direktur LSM Air Lingkungan dan Alam (ALIM) Kherjuli menyampaikan, ada 4 indikator yang dinilai dalam verifikasi yang dilakukan oleh KLHK terhadap Proklim RW 06 tersebut.

Di antaranya, yaitu, upaya adaptasi pengendalian perubahan iklim, mitigasi pengendalian perubahan iklim, serta kelembagaan dan pembinaan proklim.

Menurutnya, penilaian yang dilakukan itu untuk menuju predikat Kategori Lestari, yang akan diberikan oleh pemerintah pusat melalui KLHK.

“Sebelumnya, Proklim RW 06 ini sudah meraih Predikat Utama, sekarang menuju Lestari yang merupakan predikat paling tinggi,” terangnya kepada hariankepri.com.

Ia merincikan, pada tahun 2024 ini, sedikitnya ada 35 nominator dari seluruh Indonesia yang dilakukan verifikasi menuju predikat lestari.

“Dari Kepri hanya dua, yakni Proklim 06 dan Proklim RW 12,” terangnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, Proklim adalah program yang dilaksanakan KLHK, dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas masyarakat dalam upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim.

Ia pun berharap, hasil dari verifikasi tersebut bisa mendapatkan nilai yang baik, sehingga perwakilan binaan proklim Tanjungpinang bisa meraih predikat kategori lestari dari KLHK.

Baca juga:  Arif Pastikan Pelaksanaan Pencoblosan Berjalan Lancar

“Jadi kita tunggu saja hasilnya. Jika nilainya bagus maka akan dapat trofi, sertifikat dan insentif,” tukasnya.(zul)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini