Beranda Headline

Disperindag Kepri Segera Laksanakan Perintah Mendagri Soal Pasar Murah

0
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Kepri, Aries Fhariandi-f/zulfikar-hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Kadisperindag) Provinsi Kepri, Aries Fhariandi menyatakan, di tahun anggaran 2024 ini, pihaknya tetap akan melaksanakan kegiatan pasar murah di seluruh wilayah Provinsi Kepri.

“Pasar murah ini sebagai bagian dalam upaya pengendalian inflasi daerah di tahun 2024 ini,” kata Aries kepada hariankepri.com, saat dimintai komentarnya ihwal instruksi Mendagri Tito Karnavian yang meminta pemda agar gencar melaksanakan pasar murah, Jumat (12/1/2024).

Sejauh ini sambung Aries, Disperindag Provinsi Kepri sedang menyusun, serta mengonsolidasikan dengan sejumlah pihak terkait, untuk pelaksanaan pasar murah di tahun 2024 ini.

“Tentunya akan segera dilakukan, bilamana terjadi gejolak harga, utamanya pada saat menjelang hari besar keagamaan,” jelasnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan, untuk pelaksanaan pasar murah tahun ini polanya masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Yakni, bekerjasama dengan sejumlah pihak mulai dari Bulog, BUMD, distributor dan juga kelompok tani.

“Selain itu kita juga akan bekerja sama dengan Bank Indonesia dalam hal fasilitasi kegiatan,” pungkasnya.

Sebelumnya, Mendagri Tito Karnavian, meminta kepada pemerintah daerah (Pemda) agar semakin gencar menggelar pasar murah dan menyalurkan bantuan sosial (bansos) untuk mengendalian inflasi.

“Karena, kondisi inflasi di masing-masing daerah masih bervariasi, meski di tingkat nasional terkendali. Inflasi akan lebih terkendali apabila seluruh Pemda bergerak melakukan upaya pengendalian,” tegasnya dalam keterangan tertulis.

Untuk melaksanakan pasar murah dan Bansos tersebut, pemda sambungnya, selain bisa menggunakan anggaran reguler, Pemda juga bisa memanfaatkan anggaran Belanja Tidak Terduga (BTT) dan dana dekonsentrasi yang diberikan kepada provinsi untuk melakukan gerakan tersebut.

“Digenjot kegiatan pasar murahnya, karena kegiatan pasar murah ini sangat bermanfaat untuk masyarakat agar mereka dapat tercukupi, terutama yang tidak mampu,” sebutnya.(kar)

Baca juga:  BUMD Beli Lahan Bermasalah, Sopir Oknum Anggota DPRD Bintan Diperiksa Jaksa

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini