Beranda Headline

Disperdagin Bina IKM Lewat Pelatihan GKM

0
Plt Kadisperdagin Tanjungpinang Samsudi saat membuka acara

TANJUNGPINANG (HAKA) – Plt Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Tanjungpinang, Samsudi, membuka Kegiatan Pelatihan Gugus Kendali Mutu (GKM) Bagi Pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM).

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama lima hari, Senin (17/9/2018) hingga Jumat (21/9/2018) di Hotel Bintan Plaza.

Kegiatan yang diikuti oleh 30 pelaku IKM ini tujuannya, agar IKM berdaya saing dan memiliki integritas tinggi. Sebagai langkah awal, Disperdagin melakukan pembinaan pendekatan GKM melalui penumbuhan partisipasi pelaku industri.

Menurut Samsudi, Pelaku IKM diharapkan mampu mencari pemecahan kendala pengembangan usaha dengan mengidentifikasi, memilih, dan menganalisa berbagai persoalan, dengan memberi tekanan pada peningkatan partisipasi dan kreativitas.

“Upaya peningkatan mutu tidak terbatas hanya pada hasil produk, tapi harus dilakukan mulai dari tahapan perencanaan, proses, dan metode-metode untuk mendapatkan kepuasan pelanggan,” paparnya.

Ditambahkan Samsudi, kegiatan peningkatan kapasitas SDM melalui GKM ini ditujukan untuk meningkatkan pemasaran hasil produk IKM, melalui penerapan konsep mutu.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Lembaga Pelatihan dan Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Riau.

“Semoga kegiatan ini mampu melahirkan pelaku-pelaku IKM yang memiliki daya saing, bahkan mampu menembus pangsa pasar ASEAN dengan diraihnya standar ISO 9000,” harapnya. (arp)

example banner

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here