Beranda Headline

Dinsos Kepri Gelar Sidang PIPA, 13 COTA Diusulkan untuk Bisa Adopsi Anak

0
Sekretaris Dinas Sosial Kepri, Yeni Ardianti, saat membuka sidang PIPA-f/zulfikar-hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – Bidang Rehabilitasi Sosial (Rehsos) Dinas Sosial Kepri, menggelar rapat Sidang Tim Pertimbangan Izin Pengangkatan Anak (PIPA) Tahun 2024, Kamis (20/6/2024).

Sidang ini dilaksanakan di Ruang Rapat Dinas Sosial Provinsi Kepulauan Riau, dan dibuka oleh Sekretaris Dinas Sosial, Yeni Ardianti.

“Alhamdulillah sidang berlangsung lancar dan dihadiri oleh beberapa perwakilan stakeholder yang berwenang,” kata Yeni kepada hariankepri.com.

Yeni menerangkan, stakeholder terkait yang hadir, yaitu, Pengadilan Negeri Kota Tanjungpinang, Pengadilan Agama, Kanwil Kementerian Agama, dan Polresta Tanjungpinang.

Kemudian, ada juga perwakilan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kepri, Dinas Kesehatan, serta Kanwil Hukum dan HAM Provinsi Kepulauan Riau.

“Hadir juga perwakilan Dinas Sosial Bintan, Tanjungpinang, Batam, Natuna dan Yayasan Pembinaan Asuhan Bunda Kota Batam,” terangnya.

Foto bersama Tim PIPA dan Stakeholder yang hadir usai sidang-f/zulfikar-hariankepri.com

Dalam sidang yang dipimpin Kabid Rehsos, Khadarisman, Tim PIPA memverifikasi 13 berkas Calon Orang Tua Asuh (COTA) yang berasal dari kabupaten/kota yang mengusulkan.

Di antaranya dari Kabupaten Karimun 1 berkas, Yayasan Pembinaan Asuhan Bunda 1 berkas, Kabupaten Natuna 5 berkas, Kabupaten Bintan 2 berkas, Kota Tanjungpinang 2 berkas, dan Kota Batam sebanyak 2 berkas.

“Melalui sidang ini, Tim PIPA memberikan pertimbangan terkait persetujuan bagi Calon Orang Tua Asuh (COTA) untuk dapat mengadopsi anak,” imbuhnya.

Yeni menerangkan, setelah sidang ini, akan diterbitkan rekomendasi pengangkatan anak dari Gubernur Kepri, kemudian pengajuan pengesahan ke pengadilan agama, bagi orang tua dan anak yang beragama Islam.

“Dan pengadilan negeri bagi orang tua dan anak yang non muslim,” pungkasnya.(arp)

Baca juga:  Katanya Sekdaprov Diperiksa, Ini Penjelasan KPK
example banner

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini