Beranda Headline

Diakui Sangat Membantu, KPU Kepri Ajak AJI Tanjungpinang Kawal Pilkada 2024

0
Ketua AJI Tanjungpinang, Jailani saat berbincang dengan Ketua KPU Kepri, Indrawan Susilo Prabowoadi di Sektetariat AJI Tanjungpinang, Jumat (7/6/2024)-f/zulfikar-hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepri, mengajak Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Tanjungpinang untuk bersama-sama mengawal pelaksanaan Pilkada Serentak 2024.

Hal itu disampaikan Ketua KPU Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Indrawan Susilo saat berkunjung ke Sekretariat AJI Tanjungpinang di Kompleks Bintan Center, Blok C Nomor 58, Jalan Di Panjaitan, Km 9, Kota Tanjungpinang, Jumat (7/6/2024).

“Kami ingin mengajak kawan-kawan jurnalis di AJI untuk ikut mengawal serta menyukseskan Pilkada 2024 yang tinggal beberapa bulan lagi,” katanya, kepada hariankepri.com.

Indrawan juga mengapresiasi kontribusi positif AJI Tanjungpinang melalui pemberitaan, dalam mengawal setiap tahapan, baik di Pemilu 2024 maupun jelang Pilkada 2024 pada tanggal 27 November mendatang.

Ia mengakui, berita-berita yang disajikan rekan-rekan jurnalis yang tergabung di AJI Tanjungpinang, sangat membantu KPU, dalam menyosialisasikan pemilu, agar masyarakat dapat menggunakan hak pilih sebaik-baiknya di Pemilu maupun Pilkada di Kepri.

“Di sisi lain, kami juga tidak alergi kritik atau saran dari AJI sebagai salah satu fungsi kontrol terhadap penyelenggara Pemilu (KPU),” sebutnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, ke depan KPU Kepri bakal melibatkan AJI Tanjungpinang dalam beberapa kegiatan jelang Pilkada 2024, misalnya terkait sosialisasi kepemiluan.

“Termasuk bekerja sama melalui program-program pelatihan jurnalistik untuk staf KPU, seperti menulis, fotografi hingga videografi,” tuturnya.

Sementara, Ketua AJI Tanjungpinang Jailani mengapresiasi kunjungan Ketua KPU Kepri dan jajaran di sekretariat AJI setempat.

Jailani menyebut bahwa pers sebagai pilar demokrasi keempat di tanah air, ikut berperan penting dalam pelaksanaan Pemilu atau Pilkada.

Jelang Pilkada 2024, kata dia, tugas pers tetap mengacu pada masalah penyebaran informasi, pengawasan, pendidikan, dan hiburan.

Salah satu fokus AJI Tanjungpinang ialah mencegah beredarnya informasi-informasi hoaks jelang Pilkada 2024 di tengah gempuran era digitalisasi.

Baca juga:  Tahun Depan Penataan Kawasan Kota Lama Tanjungpinang Dilanjutkan

“Intinya, kami di AJI siap bersinergi dengan KPU dalam rangka mewujudkan Pilkada 2024 berjalan dengan lancar, damai, serta jujur,” tegasnya.

Selain itu, AJI Tanjungpinang juga sangat terbuka bekerja sama dengan KPU Kepri untuk mengadakan kegiatan-kegiatan pelatihan jurnalistik kepada staf KPU dalam menyambut Pilkada 2024.

Apalagi pengurus AJI memiliki anggota yang mumpuni di bidang jurnalistik, mulai dari menulis berita online/cetak/radio, fotografi serta videografi.

“Kami juga memastikan para anggota AJI selalu mengedepankan etika pada saat melakukan tugas-tugas jurnalistik di lapangan,” pungkasnya.(kar)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini