Beranda Headline

Dewi Ansar: Bunda Literasi Adalah Penggerak Dunia Pendidikan

0
Bunda Literasi Kepri, Dewi Kumalasari Ansar-f/zulfikar-hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – Bunda Literasi Kepulauan Riau, Dewi Kumalasari Ansar mengatakan, pentingnya seorang bunda yang merupakan tokoh di keluarga.

“Karena bunda seorang tokoh, maka dia merupakan pendidik yang pertama dan utama dalam keluarga,” ucap Dewi saat menjadi narasumber talkshow literasi, bersama Sekdaprov Kepri, Adi Prihantara dan Kepala Perpustakaan Nasional RI, Muhammad Syarif Bando.

Adapun talkshow kali ini, mengangkat tema ‘Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat untuk Kesejahteraan’, yang digelar di Aula Wan Seri Beni, Pulau Dompak, Kota Tanjungpinang, Selasa (27/9/2022).

Dewi mengatakan, bahwa bunda diharapkan oleh anggota keluarganya, sebagai orang yang memberikan pendidikan dan pembelajaran yang pertama.

“Karenanya bunda adalah motor utama penggerak dalam keluarga. Dalam hal kaitannya dengan literasi, makanya bunda literasi diharapkan menjadi motor dalam penggerak dunia literasi dan pendidikan di masyarakat,” ucapnya.

Untuk memaksimalkan bunda-bunda literasi di kabupaten dan kota yang juga telah dilantik, Dewi Ansar merancang program-program dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Sehingga letak geografis Kepri tidak menghalangi kontribusi para bunda literasi di daerah.

“Tentunya dengan program-program yang mampu meningkatkan pemahaman literasi dengan pemanfaatan teknologi yang ada,” terangnya.

Menurut Dewi, bunda literasi merupakan salah satu program nasional, dalam rangka menggencarkan budaya literasi di kepustakaan. Dalam mengartikan kata literasi tidak hanya sekadar membaca dan menulis.

“Tapi literasi memiliki artinya yang luas yakni mencakup keterampilan berpikir menggunakan sumber-sumber pengetahuan dalam bentuk cetak, visual, digital, dan auditori,” paparnya.

Literasi yang komprehensif dan saling terkait ini memampukan seseorang untuk berkontribusi kepada masyarakatnya sesuai dengan kompetensi dan perannya sebagai warga negara.

Seperti diketahui, Dewi Kumalasari dikukuhkan sebagai Bunda Literasi Kepulauan Riau periode 2022 – 2024, oleh Gubernur Kepri, Ansar Ahmad dan disaksikan Kepala Perpustakaan Nasional RI Muhammad Syarif Bando.

Penetapan Dewi Kumalasari Ansar sebagai Bunda Literasi Kepri, berdasarkan Surat Keputusan (SK) Gubernur Kepulauan Riau Nomor 1088 Tahun 2022, tertanggal 09 September 2022.

Pengukuhan Bunda Literasi Kepri juga dirangkai dengan pengukuhan Bunda Literasi untuk tujuh kabupaten dan kota di Kepri oleh Dewi Kumalasari Ansar selaku Bunda Literasi Kepri. (arp)







TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini