Beranda Headline

Daya Tampung Mencukupi, Disdik Kepri Pastikan Tak Ada Lagi Sekolah Favorit

0
Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepri, M Dali-f/zulfikar-hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – Dinas Pendidikan (Disdik) Kepri menjamin, daya tampung siswa pada tahun ajaran 2020/2021 untuk seluruh sekolah SMA/SMK di Provinsi Kepri sangat mencukupi.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Provinsi Kepri, M Dali menyampaikan, Rencana Daya Tampung (RDT) siswa SMA sederajat baik negeri dan swasta di tahun ajaran 2020/2021 sebanyak 38.479 siswa.

Sedangkan, jumlah siswa SMP yang baru lulus dan melanjutkan ke tingkat SMA sebanyak 32.293 siswa.

“Merujuk dari data itu, jumlah RDT yang ada saat ini sudah sangat mencukupi,” katanya, Rabu (1/7/2020) kemarin.

Namun, kata Dali, selama ini yang terjadi di lapangan banyak orang tua siswa yang justru memaksakan diri, agar anaknya dapat bersekolah di sekolah pilihannya yang jauh dari zonasi tempat tinggalnya.

Kondisi inilah kata dia yang menyebabkan, kerap terjadi penumpukkan dan persoalan ketika masa PPDB.

Terkait hal itu, Dali secara khusus mengimbau kepada seluruh orang tua, untuk tidak memaksa menyekolahkan anaknya di sekolah pilihannya, yang menurut para orang tua sekolah itu merupakan sekolah favorit.

Karena menurut Dali, saat ini sudah tidak ada lagi yang namanya sekolah favorit. Kualitas sekolah yang ada di Provinsi Kepri saat ini sudah merata.

“Untuk itulah kita harapkan para orang tua untuk tidak memaksakan diri,” harapnya.

Diketahui, pelaksanaan PPDB online tingkat SMA/SMK di Provinsi Kepri akan berlangsung selama lima hari yakni dimulai pada Senin (29/6/2020) hingga Jumat (3/7/2020). Pendaftaran PPDB online dilakukan melalui situs provinsikepri.siap-ppdb.com.

Sama seperti tahun sebelumnya, pelaksanaan PPDB online 2020/2021 tetap menggunakan jalur zonasi dengan kuota 50 persen, jalur afirmasi 15 persen, jalur prestasi 30 persen, dan jalur perpindahan orang tua dengan persentase 5 persen.(kar)

example banner

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here