Beranda Headline

Dalam Sehari Dua Lahan di Tanjungpinang Terbakar, Diduga Karena Faktor Sengaja

0
Petugas Pemadam Kebakaran Tanjungpinang saat memadamkan api di lahan yang terbakar di Senggarang-f/zulfan-hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – Dalam sehari, tepatnya pada Jumat (29/3/2024), dua lokasi yang ada di Kota Tanjungpinang mengalami kebakaran lahan.

“Yakni di wilayah Dompak dan daerah Senggarang,” ucap Kasi Pemadam Kebakaran Dinas Pemadaman Kebakaran Penyelamatan (PKP) Tanjungpinang, Dery Ambari kepada hariankepri.com, kemarin.

Ia menyampaikan, untuk lahan di Senggarang kebakaran terjadi pada pukul 10:30 WIB. Sedangkan wilayah Dompak terjadi sekitar pukul 11:00 WIB.

Dery menyebut, lahan yang terbakar di Dompak itu, mayoritas berisikan pohon pinus. Ia menduga, kebakaran terjadi akibat ulah manusia yang sengaja membakar untuk membuka lahan.

Begitu juga lahan yang di Senggarang, lanjut Dery, kebakaran terjadi karena adanya faktor kesengajaan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

“Alhamdulillah semua berhasil kita padamkan,” terangnya.

Ia meminta kepada seluruh masyarakat Tanjungpinang agar tidak membakar sampah sembarangan, di saat kondisi cuaca panas yang sedang melanda Tanjungpinang saat ini.

“Kami sudah minta juga kepada camat dan lurah agar bisa mengimbau kepada seluruh warganya,” ucapnya.

Kewaspadaan ini harus dilakukan, karena berdasarkan data Dinas PKP, sudah ada sekitar 10 kejadian kebakaran lahan termasuk rumah warga, selama bulan Ramadan ini.

“Jadi kalau mau buka lahan jangan dengan cara membakar, karena sudah banyak kejadian, imbasnya juga ke kebun orang lain,” tukasnya.(zul)

Baca juga:  Tahun Depan, Guru Paud se-Kepri Dapat Bantuan Operasional dari Pemprov

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini