Beranda Headline

Dalam 7 Bulan, 18 Ribu Wisman Datang Ke Tanjungpinang

0
Sekda Kota Tanjungpinang saat menyambut wisman perdana tahun 2023-f/istimewa-diskominfo tanjungpinang

TANJUNGPINANG (HAKA) – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Tanjungpinang mencatat, dari Januari hingga Juli 2023, kunjungan Wisatawan Mancanegara (Wisman) ke Kota Tanjungpinang sebanyak 18.206 wisman.

Kabid Destinasi dan Pemasaran Pariwisata Disparbud Tanjungpinang, Salman merincikan, pada Januari ada 4.321 wisman yang berkunjung. Selanjutnya Februari sebanyak 2.402 turis, lalu pada Maret 3.671 pengunjung.

“April 4.784 pengunjung, Mei sebanyak 2.981 wisman, Juni 5.745 orang dan untuk bulan Juli ada sebanyak 3.634 pengunjung. Sehingga total sampai Juli sudah ada 18.206 wisman,” katanya, Jumat (22/9/2023).

Ia mengatakan, kunjungan wisman ini didominasi oleh turis dari negara tetangga, yakni Negara Singapura dan Malaysia.

“Ada juga dari negara lain tapi yang paling banyak Singapura dan Malaysia,” sebutnya.

Ia pun optimis, bahwa wisman yang akan berkunjung pada tahun 2023 ini jauh lebih banyak dibandingkan pada tahun 2022 lalu yang hanya sebanyak 24 ribu wisman.

“Minimal 10 persen peningkatannya,” ucapnya.

Pihaknya juga kerap melakukan berbagai upaya, agar wisman bisa terus datang ke Tanjungpinang. Seperti mengadakan event-event, serta memaksimalkan promosi destinasi pariwisata.

Selanjutnya, kata dia, pihaknya juga melakukan peningkatan pariwisata berbasis masyarakat, lalu meningkatkan kreatifitas-kreatifitas digital.

Ia menyampaikan, ketika wisman banyak berdatangan ke Tanjungpinang, tentu akan berpengaruh positif terhadap perekonomian Tanjungpinang.

“Nanti juga akan ada festival lampion, asparnas festival dan lainnya. Semoga semakin banyak turis yang datang lagi menjelang akhir tahun,” harapnya.(zul)

Baca juga:  Besok, Masjid Raya Nur Ilahi Dompak Mulai Laksanakan Salat Jumat
example banner

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini