Beranda Headline

Cari Solusi Masalah Sampah, Komisi III DPRD Kepri Datangi PLTSa di Solo

0
Ketua Komisi III DPRD Kepri, Widiastadi Nugroho bersama jajaran ketika kunker di PLTSa Putri Cempo, Solo, Jawa Tengah, Selasa (21/2/2023)-f/istimewa-setwan dprd kepri

SOLO (HAKA) – Komisi III DPRD Kepri melaksanakan kunjungan kerja (kunker) ke Kota Solo, Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Selasa (21/2/2023).

Ketua Komisi III DPRD Kepri, Widiastadi Nugroho menyampaikan, kunker tersebut bertujuan untuk mempelajari teknologi gasifikasi di Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) Putri Cempo.

“Kami sangat tertarik dengan teknologi PLTSa ini. Selain bisa mengatasi permasalahan sampah, PLTSa juga merupakan upaya kita beralih energi ramah lingkungan,” katanya.

Menurutnya, PLTSa menjadi cara yang efektif untuk mengatasi masalah sampah di kota besar.

“Jadi ini juga untuk mencari solusi untuk mengatasi masalah sampah di kota-kota besar seperti di Batam,” jelas Politisi PDI Perjuangan ini.

Anggota Komisi III Irwansyah, menambahkan, teknologi seperti ini sangat tepat digunakan karena bisa mengatasi permasalahan sampah yang semakin banyak.

Seperti, ketersediaan lahan untuk TPA yang terbatas, biaya pengolahan sampah yang terus meningkat, pencemaran lingkungan serta mengakibatkan dampak buruk bagi kesehatan.

“Oleh sebab itu kami sangat tertarik, teknologi ini juga memiliki banyak kelebihan seperti tidak menimbulkan asap, tidak ada flying ash, tidak menghasilkan polutan berbahaya dan masih banyak lagi,” sebutnya.

Direktur PT Solo Citra Metro Plasma Power (SCMPP) Gangga selaku operator PLTSa Putri Cempo, menjelaskan, ada beberapa tahap yang dilalui sampah dengan sistem gasifikasi.

Pertama sampah yang masuk ke pembakaran. Kemudian masuk ke junction box kemudian masuk ke siklon, lalu masuk ke back filter.

“Jadi saringan udara untuk membersihkan singgahnya dari saringan udara masuk,” jelasnya.(kar)

Baca juga:  Gelar Paripurna Hasil Reses, DPRD Kepri Minta Pemprov Tindaklanjuti

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini