Beranda Headline

Capai 77,8 Persen, Partisipasi Pemilih di Tanjungpinang Melebihi Target KPU

0
Sejumlah KPPS saat bertugas di Tempat Pemilihan Suara (TPS) pada pemilu 14 Februari 2024-f/zulfan-hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanjungpinang, menyebutkan, bahwa partisipasi pemilih di pemilu 2024 ini melebih target.

“Target kita 77,5 persen, Alhamdulillah capaian 77,8 persen,” kata Komisioner KPU Kota Tanjungpinang, Andri Yudi kepada hariankepri.com, kemarin.

Menurutnya, persentase partisipasi pemilih itu diperoleh dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 167.076 pemilih, disandingkan dengan data warga yang datang memilih di hari pencoblosan.

“Sehingga didapat angka yang memilih 77,8 persen,” ujarnya.

Ia menambahkan, partisipasi pemilih pada pemilu 2024 ini tentu jauh lebih baik dibandingkan pemilu 2019 yang lalu. “Di tahun 2019 lalu hanya sekitar 75 persen,” ucapnya.

Memang kata dia, jumlah caleg yang ikut pesta demokrasi pada tahun ini, lebih kecil (423 orang), dibandingkan pada 2019 lalu yang mencapai 444 orang.

“Angka golongan putih (golput) di tahun 2024 ini relatif lebih kecil,” tuturnya.

Ia menambahkan, kenaikan partisipasi pemilih ini terjadi karena tidak terlepas dari sosialisasi yang dilakukan oleh semua pihak. Baik dari KPU, media masa, media sosial serta dari masing-masing partai politik.(zul)

Baca juga:  KPU Bintan Usulkan Gaji Petugas PPS dan KPPS Dinaikkan di Pemilu 2024

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini