Beranda Daerah Bintan

Bupati Roby: Visi Bintan 20 Tahun ke Depan Jadi Pusat Perekonomian Maritim

0
Bupati Bintan Roby Kurniawan saat membuka Musrenbang RPJPD Bintan selama 20 tahun-f/masrun-hariankepri.com

BINTAN (HAKA) – Pemkab Bintan bersama stakeholder terkait, sedang menyusun Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Bintan tahun 2024-2045, di Holel Awandary, Toapaya.

Bupati Roby Kurniawan mengatakan, penyusunan RPJPD itu melibatkan semua komponen masyarakat, untuk menyatukan visi dan misi arah pembangunan Kabupaten Bintan selama 20 tahun ke depan.

“Targetnya adalah Bintan tangguh sebagai pusat perekonomian maritim yang maju, untuk bisa menopang ekonomi provinsi dan nasional,” ucapnya usai membuka musrenbang RPJPD itu, Selasa (30/4/2024).

Untuk mewujudkan target itu, sambung Roby, harus menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompetitif dari berbagai bidang. Lalu, rencana tata kelola pemerintahan Pemkab Bintan yang diselaraskan dengan Pemerintah Pusat.

“Sehingga, target-target yang dipersiapkan selaras dengan provinsi dan nasional yakni, maju dan berkelanjutan,” tuturnya.

Selain itu, peningkatan serta pengembangan sektor maritim kelautan maupun perikanan baik sisi ekonomi dan transportasi. “Sektor ini kita perlu optimalkan dengan sebaik-baiknya,” terang Roby.

Bukan hanya itu, di sektor investasi juga menjadi salah satu faktor unggulan dalam RPJPD Kabupaten Bintan. Pemkab Bintan, Pemprov Kepri dan Pemerintah Pusat juga sedang merevisi tata ruang Bintan, untuk diselaraskan dengan pengelola kawasan ekonomi khusus, di bidang investasi.

“Semua pengelola kawasan kita panggil untuk duduk bersama seperti apa konsep ke depannya. Sehingga, ketika para investor datang di Bintan tidak perlu lagi menunggu revisi tata ruang lima tahun,” tutupnya. (rul)

Baca juga:  Di Musda IPI, Ansar Ajak Insan Pariwisata Buat Paket-paket Perjalanan Khusus

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini