Beranda Daerah Bintan

Bupati Roby Ajak Masyarakat untuk Kolaborasi Mitigasi Bencana di Bintan

0
Bupati Bintan Roby Kurniawan sedang mengecek peralatan kebencanaan di lapangan Kantor Bupati Bintan-f/masrun-hariankepri.com

BINTAN (HAKA) – Bupati Bintan Roby Kurniawan mengatakan, salah satu kunci keberhasilan dalam pencegahan serta penanggulangan bencana di wilayah Bintan adalah, dengan adanya kolaborasi.

Untuk itu, ia mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berkolaborasi terkait mitigasi bencana di Bintan. Sehingga, apapun tantangan di lapangan dapat diselesaikan secara bersama-sama.

“Kita tidak bisa sendiri-sendiri, dan harus bahu-membahu sesuai tugas dan kewenangan masing-masing,” jelas Roby kepada wartawan, kemarin.

Menurut Roby, wilayah Kabupaten Bintan sangat luas, mulai daratan Pulau Bintan hingga pulau-pulau, dengan jumlah penduduk 175.873 jiwa.

Daerah Bintan juga memiliki beberapa resiko bencana seperti tanah longsor, banjir, cuaca ekstrem serta gelombang laut tinggi. Ditambah, kebakaran hutan dan lahan hingga kekeringan saat terjadi musim panas berkepanjangan.

Roby menegaskan, untuk menanggulangi potensi-potensi bencana itu, maka ada beberapa poin yang harus dilakukan. Yakni, memperkuat tata kelola kedaulatan dan logistik.

Kemudian, peningkatan sistem kesiap siagaan bencana terintegrasi dalam sistem berbasis teknologi. Lalu, mempercepat implementasi strategi pembiayaan alternatif.

“Selanjutnya, mendorong terbentuknya mekanisme respon kedaulatan di tingkat daerah, melalui pembentukan reaksi cepat provinsi maupun kabupaten kota,” tegasnya. (rul)

Baca juga:  Bupati Roby Serahkan KUA PPAS APBDP 2023, Pendapatan Pemkab Bintan Turun

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini