Beranda Headline

Bintan, Destinasi Andalan di Kepri yang Punya Banyak Lokasi Wisata Memesona

0
Pengunjung saat bermain di Crystal Lagoon Treasure Bay, merupakan kolam renang terbesar se-Asia Tenggara-f/arga-hariankepri.com

BINTAN (HAKA) – Bintan merupakan salah satu destinasi wisata andalan di Provinsi Kepulauan Riau, yang memiliki banyak lokasi wisata yang memesona. Destinasi di Bintan terkenal dengan deretan resort mewahnya, keindahan pasir pantai, dan lapangan golf kelas dunia.

Di tahun 2024, Presiden Jokowi menerbitkan Peraturan Presiden (perpres) yang menetapkan Bintan, sebagai salah satu klasterisasi tema pariwisata selain Batam, Tanjungpinang dan Karimun.

Bagi wisatawan yang ingin merasakan sensasi petualangan alam yang menakjubkan, Bintan bisa menjadi pilihan yang tepat, untuk mendapatkan liburan yang menyenangkan dan mengesankan.

Berbagai jenis perhelatan olahraga pariwisata yang menarik perhatian wisatawan dari seluruh penjuru dunia juga digelar di Bintan. Di antaranya, Triathlon, Marathon, Bintan Archery Festival pada akhir Desember 2023, hingga turnamen golf.

Sebagai destinasi wisata andalan di Kepri, akses menuju ke destinasi wisata di Bintan sangatlah mudah. Sudah ada taksi. Baik taksi online maupun penyewaan mobil, yang mudah ditemukan, di pelabuhan feri dan di bandara.

Untuk menuju Bintan jika bertolak dari Jakarta, bisa memilih penerbangan menuju Bandara Haji Fisabilillah (RHF) di Tanjungpinang. Atau jika menggunakan jalur feri, dari Batam menuju pelabuhan Sribintan Pura (SbP) di Tanjungpinang atau pelabuhan ASDP dan speedboat di Tanjung Uban.

Sejumlah peserta Bintan Triathlon mengikuti lomba renang di Kawasan Wisata Lagoi Bay-f/masrun-hariankepri.com

Bagi wisatawan asing bisa juga menggunakan jalur feri langsung ke Pelabuhan Bandar Bintan Telani (BBT) Lagoi, baik itu dari Singapura dan Johor Bahru Malaysia.

Dari Singapura, ada beberapa pilihan feri seperti Penguin, Indo Falcon, dan Webmaster yang menawarkan layanan secara berkala dari Pelabuhan Tanah Merah di Singapura menuju Pelabuhan SbP Tanjungpinang dan Pelabuhan BBT Lagoi. Begitu juga dari Johor Bahru, Malaysia.

Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Guntur Sakti, menjelaskan, dengan terbitnya Perpres tersebut, maka kebijakan dan strategi pembangunan pariwisata di Kawasan Batam Bintan dan Karimun sudah diarahkan berbasis keunggulan komparatif, dan keunggulan kompetitif di masing-masing wilayah.

Baca juga:  Akhir Tahun 2017, Tagana Se-Kepri Terima Insentif

“Tema pariwisata Bintan seperti wisata pantai, resort, event sport, ekowisata, event, dan MICE” katanya.

Terdapat beberapa atraksi wisata menarik di Bintan yang sayang untuk dilewatkan, Ada apa saja, ya? Ini dia rekomendasinya!

1. Lagoi

Kawasan Lagoi menjadi salah satu destinasi andalan di Bintan. Bahkan brand Lagoi sudah mendunia. Terdapat resort-resort mewah di kawasan ini. Sebut saja di antaranya Anmon Resort dan Natra Resort dengan konsep glamping yang menyenangkan.

Pengunjung Natra Resort dapat menikmati suasana glamping mewah-f/arga-hariankepri.com

Kemudian ada Crytal Lagoon Treasure Bay yang merupakan kolam renang raksasa terbesar se-Asia Tenggara. Di kawasan Lagoi juga terdapat padang golf dengan standar internasional yang sering dihelat turnamen internasional.

2. Pantai Trikora

Pantai Trikora terletak di Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan. Sejak zaman dahulu, pantai ini menjadi lokasi favorit bagi warga Pulau Bintan maupun para wisatawan untuk berlibur.

Pantai Trikora yang tetap menjadi lokasi favorit untuk mengisi libur akhir pekan warga Bintan-f/arga-hariankepri.com

Hampir setiap akhir pekan, pantai berpasir putih ini selalu ramai oleh pengunjung baik warga Pulau Bintan, maupun para wisatawan untuk berenang di jernihnya air laut atau hanya sekedar menikmati pesona keindahan alam Pantai Trikora.

Untuk masuk pantai di Trikora juga umumnya gratis, pengunjung hanya membayar sewa gazebo yang disediakan pengelola.

3. Mangrove TRC Sebong Pereh

TRC Mangrove atau biasa yang disebut dengan Mangrove Sebong Pereh berada di kecamatan Teluk Sebong. Lokasi tempat wisata ini tidak jauh hanya berjarak sekitar 15 menit dari tempat wisata Vihara Sangharama atau lebih dikenal dengan wisata Patung Penyunya.

TRC Mangrove Sebong Pereh Bintan-f/istimewa

Di tempat ini menyediakan pondok-pondok kecil di tengah mangrove untuk bersantai sambil menikmati suasana hutan mangrove, laut dan sunset. Di dalam hutan mangrove ini tersedia jembatan kayu untuk pengunjung berjalan kaki dan berfoto.

Baca juga:  Dukung Travel Bubble, Asparnas Kepri Minta Produk UMKM Dipajang di Lobi Hotel

4. Telaga Biru dan Gurun Pasir

Berada di tempat ini seolah sedang berada di Timur Tengah. Terdapat hamparan pasir putih yang indah, dan telaga-telaga air berwarna biru mirip oase. Lokasi Gurun Pasir Telaga Biru di Dusun Busung, Kecamatan Tanjung Uban, Kabupaten Bintan. Letaknya sekitar 45 menit perjalanan darat dari bandara RHF Tanjungpinang dan sekitar 60 menit dari pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang. Dan hanya sekitar 15 menit jika dari pelabuhan Tanjung Uban.

Telaga Biru Gurun Pasir di Bintan-f/arga-hariankepri.com

Obyek wisata ini sangat cocok untuk berfoto-foto ria. Apalagi disediakan beragam properti untuk menambah keunikan hasil foto, seperti ayunan, boneka unta, hiasan bambu dan arena memanah. (arp)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini