Beranda Headline

Bimtek TPBIS Ditutup, Deni Minta Ilmu Literasi Perpustakaan Diterapkan

0
Deputi Bidang Pengembangan SDM Perpusnas RI, Deni Kurniadi, didampingi Kabid Pembinaan Perpustakaan Kepri, Rismarini beserta seluruh peserta saat penutupan Bimtek TPBIS, di Hotel CK, Kota Tanjungpinang-f/masrun-hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia, Perpusnas RI, Deni Kurniadi, menutup kegiatan Perpusnas RI, di Hotel CK, Tanjungpinang, Kamis (8/6/2023) sore.

Kegiatan Bimtek ini tentang Strategi Pengembangan Perpustakaan-Teknologi Informasi dan Komunikasi (SPP-TIK), Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) Tahun 2023.

Bimtek diikuti oleh 20 peserta dari petugas perpustakaan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan tingkat Provinsi Kepri, Kota Batam dan Kota Tanjungpinang serta tingkat kelurahan di dua kota tersebut.

“Program TPBIS ini digagas sejak 2018 lalu. Saat ini telah diikuti oleh para pustakawan di 34 provinsi di Indonesia termasuk Kepulauan Riau (Kepri),” ucap Deni kepada peserta.

Ia mengatakan, dengan bimtek ini, para peserta telah mempunyai pengetahuan tentang pengembangan literasi perpustakaan.

“Perpustakaan bukan hanya mencerdaskan, tapi menyejahterakan masyarakat sekitar,” tutur Deni didampingi oleh Kabid Pembinaan Perpustakaan, Dinas Perpus Kearsipan Kepri, Rismarini.

Deni meminta kepada peserta agar mengimplementasikan ilmu dari Bimtek itu kepada masyarakat sekitar. Baik itu dalam bentuk pelatihan keterampilan UMKM maupun sektor wisata lainnya.

Sementara itu, perwakilan peserta bimtek, Dian Nurhuda mengucapkan terima kasih kepada Perpusnas, Dinas Kearsipan Kepri serta para fasilitator, yang telah memberikan tambahan pengetahuan melalui bimtek TPBIS.

“Banyak hal yang kami dapat buka di sini. Ternyata, perpustakaan itu bukan hanya tempat membaca tapi banyak kesenian (keterampilan), yang harus kami salurkan kepada masyarakat,” pungkasnya. (rul)

Baca juga:  Ditanya Persiapan Pilgub 2020, Isdianto : Pusing Aku

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini