Beranda Headline

Berwisata Religi di Pulau Penyengat, Wapres Mengaku Terpesona

0
Wapres Ma’ruf Amin didampingi Gubernur Kepri, Ansar Ahmad ketika melihat Mushaf di Masjid Raya Sultan Riau, Pulau Penyengat, Kamis (8/6/2023)-f/istimewa-diskominfo kepri

TANJUNGPINANG (HAKA) – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengaku terpesona saat berwisata religi ke Pulau Penyengat, Tanjungpinang, Kamis (8/6/2023).

Wapres yang saat berkunjung ke Pulau Penyengat didampingi oleh Wury Ma’ruf Amin, Gubernur Ansar Ahmad dan Ketua PKK Dewi Kumalasari itu mengaku terpesona, dengan seluruh peninggalan situs bersejarah yang ada di pulau tersebut.

“Raja-raja Kerajaan Riau Lingga di zaman dulu sungguh hebat karena bisa membangun pusat peradaban Melayu di Kepri,” katanya.

Orang nomor dua di Republik ini pun meminta, agar situs-situs bersejarah di Pulau Penyengat harus dijaga kelestariannya. Sehingga Pulau Penyengat bisa menjadi salah satu daerah wisata religi di Indonesia maupun di Dunia.

“Kalau itu terwujud, saya yakin ke depannya akan berdampak kepada ekonomi syariah di Kepri,” sebutnya.

Selain terpesona dengan situs bersejarah di pulau itu. Wapres juga mengaku sangat terkesan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sejarah, budaya, dan spiritualitas di Pulau Penyengat.

“Banyak ilmu dan sejarah yang dapat diambil dari kunjungan ini. Warisan sejarah yang masih terjaga dan terpelihara dengan baik,”ungkapnya.

Wapres Ma’ruf pun berharap kepada Pemprov Kepri serta kepada seluruh masyarakat Kepri untuk bersama-sama menjaga kelestarian budaya di Pulau Penyengat.

Wapres Ma’ruf Amin saat berwisata di Pulau Penyengat, Kamis (8/6/2023)-f/istimewa-diskominfo kepri

“Karena menjaga kelestarian budaya merupakan suatu hal yang wajib dilakukan agar tidak hilang ditelan kemajuan zaman,” pesannya.

Sementara itu, Gubernur Kepri, Ansar Ahmad mengatakan, jika Pulau Penyengat merupakan salah satu destinasi wisata religi unggulan di Provinsi Kepri.

“Pulau Penyengat yang merupakan salah satu daerah wisata religi di Kepulauan Riau. Seperti yang selalu diistilahkan masyarakat, tidak sah berkunjung ke Kepri jika tidak berkunjung ke Pulau Penyengat,” ujarnya kepada Wapres Ma’ruf Amin.

Baca juga:  Usung Tagar Pariwisata Kepri Aman, Dispar Siapkan 234 Agenda di Tahun 2022

Ansar menjelaskan, di Pulau Penyengat menyimpan sejumlah sejarah kerajaan. Semua, sambungnya, dapat terlihat dari sisa bangunan-bangunan kerajaan, juga barang peninggalan lainnya yang bersejarah dimasa kejayaan kerajaan.

“Dari peninggalan-peninggalan tersebut membuktikan bahwa dahulu di Pulau Penyengat merupakan sebuah kerajaan yang maju,” jelasnya.

Saat berwisata religi di Pulau Penyengat, Wapres Ma’ruf Amin beserta rombongan melakukan ziarah ke makam Raja Ali Haji. Di sana Wapres memimpin jalannya doa bersama serta menaburkan bunga di atas pusara Pahlawan Nasional tersebut.

Selanjutnya, Wapres beserta rombongan, berkeliling ke area makam yang merupakan komplek pemakaman Engku Putri dan Raja Haji Abdullah.

Kemudian, perjalanan dilanjutkan ke Balai Maklumat Kebudayaan Melayu Pulau Penyengat dan diakhiri di Masjid Raya Sultan Riau Penyengat. (kar)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini