Beranda Headline

Berkat Anggota DPR RI Cen Sui Lan, Upaya Rahma Revitalisasi Pasar Baru Dikabulkan

0
Anggota Komisi V DPR RI Cen Sui Lan bersama Wali Kota Rahma, saat meninjau Pasar Baru Tanjungpinang-f/istimewa

TANJUNGPINANG (HAKA) – Rencana revitalisasi Pasar Baru I Tanjungpinang yang akan digarap oleh pemerintah pusat, sudah mulai terlihat progresnya, melalui surat Menteri Perdagangan Republik Indonesia.

Surat Menteri Perdagangan nomor 746/M-DAG/SD/9/2021 tertanggal 13 September 2021, memohon kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, untuk melakukan revitalisasi pasar, salah satunya di Tanjungpinang, Provinsi Kepri.

Usulan revitalisasi Pasar Baru I itu juga berdasarkan surat Wali Kota Tanjungpinang nomor 510/455/5.12.02/2021 tanggal 22 Maret 2021, perihal permohonan pelaksanaan revitalisasi Pasar Baru I dengan usulan dana sekitar Rp 64 miliar.

Anggota DPR RI Dapil Provinsi Kepri, Cen Sui Lan membenarkan kepastian isi surat permohonan, dari Menteri Perdagangan RI tersebut.

“Sebelumnya kami sudah bolak-balik mengintervensi agar revitalisasi pasar itu bisa dibangun. Pada akhirnya sudah mulai terlihat progresnya dari pemerintah pusat. Intervensi ini dalam arti positif ya,” katanya, Senin (13/9/2021) malam kepada hariankepri.com.

Menurutnya, surat permohonan dari Mendag RI, ke Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat itu diperlukan, karena anggaran revitalisasi pasar ini di atas Rp 12 miliar.

“Kalau di bawah Rp 12 miliar pembangunannya dari Kemendag. Fungsi pembinaan pasar memang ada di Kemendag, tapi fungsi pembangunan ada di Kementerian PUPR, untuk yang di atas Rp 2 miliar,” ungkapnya.

Yang kedua, sambung Cen Sui Lan, bahwa selain ada surat dari Kemendag RI, dirinya selaku anggota DPR RI Komisi V yang bermitra dengan Kementerian PUPR, juga mengeluarkan surat usulan.

“Surat itu saya akan tandatangani dan tujukan kepada Kementerian PUPR, karena lokasi pembangunannya ada di dapil saya,” ujarnya.

Nanti dalam perjalanan pembahasannya, anggaran itu masuk di Rencana Kegiatan Anggaran (RKA). Maka, saat diajukan oleh Kementerian PUPR, tinggal disetujui oleh Komisi V.

“Memang dari kemarin revitalisasi pasar ini menjadi konsentrasi saya agar tetap bisa dibangun, karena saya Dapil Kepri, tentu ini harus saya perjuangkan,” tuturnya.

Selanjutnya, kata dia, kemungkinan besar revitalisasi pasar ini akan dibangun pada Anggaran APBN tahun 2022 mendatang.

“Yang akan membangun Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR, dan yang melaksanakan di lapangan adalah Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kepulauan Riau,” sebutnya.

Cen Sui Lan sendiri sejak beberapa bulan lalu, telah turun ke lokasi Pasar Baru I dan Pasar Baru II Tanjungpinang. Ia pun sudah menyampaikan hal itu ke Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR RI.

Anggota Fraksi Golkar ini meminta, agar revitalisasi Pasar Baru di Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau, segera diakomodir.

“Iya, aspirasi revitalisasi Pasar Baru dari masyarakat pedagang dan Pemko Tanjungpinang sudah saya sampaikan ke Dirjen Cipta Karya, saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi V DPR RI, pada April 2021 lalu.

Istri Raja Mustakim ini mendorong, agar revitalisasi Pasar Baru Tanjungpinang segera direalisasikan, supaya pasar yang sudah dibangun sejak tahun 1992 itu, bisa berfungsi dan menjadi sentra ekonomi Kota Tanjungpinang.

“Kita tidak perlu lihat warna partai, yang penting perjuangan ini bisa memberi dampak positif kepada warga Tanjungpinang,” imbuhnya.

Sementara itu, Wali Kota Tanjungpinang, Rahma salut dan bangga atas upaya Anggota DPR RI Dapil Kepulauan Riau, Cen Sui Lan dalam memperjuangkan revitalisasi Pasar Baru Tanjungpinang.

“Saya apresiasi beliau telah memperjuangkan ini. Sekitar 6 bulan lalu kami turun bersama meninjau ke pasar, setelah itu beliau bawa ke pusat dan dikabulkan oleh kementerian terkait,” ujarnya.

Rahma mengungkapkan, rencana dan upaya untuk revitalisasi ini sudah ia lakukan sejak Tahun 2019. Sudah beberapa kali diajukan, namun belum mendapat sinyal positif dari pemerintah pusat.

“Alhamdulillah, berkat Ibu Cen Sui Lan yang bisa dibilang terhitung baru masuk DPR RI, tapi sudah mampu berbuat untuk masyarakat Kepri, khususnya Kota Tanjungpinang,” tegasnya. (fik/zul)

example banner

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here