Beranda Headline

Beri Masukan Soal Pembangunan, Fraksi di DPRD Kepri Setujui Ranperda RPJPD

0
Juru bicara fraksi PKS, M. Syahid Ridho, membacakan pandangan umum Ranperda RPJPD Provinsi Kepri tahun 2025-2045-f/pasha-hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – Seluruh fraksi DPRD Kepri menyampaikan pandangan umum (pandum) Ranperda, tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Provinsi Kepri tahun 2025-2045 pada rapat paripurna, Senin (27/5/2024) kemarin.

Juru bicara Fraksi Demokrat, Herlianto menyebutkan, bahwa RPJPD ini sangat penting, demi menyongsong Indonesia emas 2045.

“Tim pemerintah harus lebih siap, karena ini menjadi alat ukur terhadap kinerja pemerintah,” sebutnya pada rapat paripurna di Aula Wan Seri Beni, Dompak, Provinsi Kepri.

Selanjutnya, juru bicara Fraksi PKS, M Syahid Ridho menegaskan, bahwa Fraksi PKS menyetujui Ranperda RPJPD ini. Tapi, ada beberapa hal yang harus didiskusikan, seperti visi dan misi pembangunan.

“Visi dan misi itu harus mencerminkan kebutuhan dan aspirasi masyarakat Provinsi Kepri, sehingga implementasinya lebih mudah,” ujarnya.

Dalam hal ini, pihaknya juga meminta agar, fokus ekonomi berbasis potensi daerah, yang memanfaatkan sektor maritim sebagai potensi unggulan, serta meningkatan kualitas SDM, dengan cara pemerataan pendidikan.

“Semoga pemerintah bisa menciptakan kebijakan, sehingga terjadinya peningkatan daya saing daerah,” sebutnya.

Lebih lanjut Ridho menjelaskan, bahwa pembangunan infrastruktur dan konektivitas wilayah menjadi salah satu kunci kesuksesan RPJPD Provinsi Kepri.

Rapat paripurna RPJPD Provinsi Kepri 2025-2045 di Aula Wan Seri Beni-f/pasha-hariankepri.com

“Terutama bagi kita yang berada di wilayah kepulauan,” tukasnya.

Sementara itu, Juru bicara Fraksi Partai NasDem, Harry Yanto menyampaikan, bahwa fraksi NasDem menyetujui Ranperda terakit RPJPD Provinsi Kepri tahun 2025-2045.

Namun menurutnya, masih ada beberapa kekurangan dalam penyusunan RPJPD, sehingga ke depannya, harus menyerap aspirasi semua stakeholder yang ada di Provinsi kepri

“Agar apa yang diinginkan publik dapat terwadahi di dalam RPJPD,” ujarnya.

Selain itu, Fraksi NasDem juga meminta agar arah pembangunan ke depannya harus bisa menjadi jawaban persoalan substansial, seperti mencerdaskan anak bangsa dan memberantas kemisikan.

Baca juga:  Ketua Komisi IV DPRD Kepri Serahkan Hadiah Juara Gubernur Cup Zona Bintan

“Oleh karenanya, RPJPD harus memiliki inti yang kuat dalam pelaksanaannya,” ujarnya.

Juru bicara Fraksi Gerindra, Ahmad Nasution menyebutkan, melimpahnya sumber daya alam yang dimiliki Provinsi Kepri, dengan wilayah dikelilingi perairan, sehingga menambah kekuatan di sektor maritim yang tinggi.

“Ini harus menjadi arah pembangunan jangka panjang Provinsi Kepri,” ucapnya.

Ia juga memberikan apresiasi terhadap, Ranperda RPJPD 2025-2045 yang dilaksanakan secara transparan dan melibatkan masyarakat.(sha)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini