Beranda Daerah Bintan

Bawaslu Bintan Ajak 42 Pelajar Jadi Pengawas Pemilih Pemula

0
Komisioner Bawaslu Bintan bersama 42 pengawas pemilih pemula di Bhadra Resort, Bintan-f/istimewa-humas bawaslu bintan

BINTAN (HAKA) – Sebanyak 42 pelajar dari perwakilan SMKN 1 Bintan, SMKN 1 Teluk Bintan dan SMAN 1 Toapaya, ikut kegiatan sosialisasi pengawasan pemilihan lanjutan tahun 2020.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Bawaslu Bintan, di Bhadra Resort, Kecamatan Toapaya, Bintan pada Jumat (13/11/2020).

Kordiv Organisasi dan SDM Bawaslu Bintan, Ondi Dobi Susanto mengatakan, 42 pelajar itu masuk daftar pemilih pemula.

Dalam kegiatan itu, sambung Ondi, pihaknya mendorong kesadaran mereka tentang pengawasan penyelenggaraan Pemilukada.

Menurutnya, pemilih pemula ini merupakan segmen strategis, untuk ikut berperan aktif dalam proses pengawasan pemilu di Kabupaten Bintan.

Selain itu, mereka dilibatkan agar mengajak dan merangkul pemilih pemula lainnya, untuk memberikan edukasi soal materi pengawasan Bawaslu di media sosial maupun di lingkungan sekitar mereka.

“Pemilih pemula adalah remaja dan anak – anak yang sedang aktif-aktifnya di teknologi, dan mereka adalah pengguna aktif media sosial, yang sangat terbuka dengan perkembangan perkembangan informasi yang ada,” tutupnya.

Kordiv Pengawasan Bawaslu Bintan, Dumoranto Situmorang menambahkan, pihaknya juga memberikan materi sosialisasi, tentang struktur organisasi Bawaslu dari tingkat kabupaten hingga kecamatan.

Selain itu, ia memberikan pemahaman tentang larangan hingga tata cara pelaporan ketika mereka menemukan adanya dugaan pelanggaran pemilu.

“Serta mendorong partisipasi mereka untuk memberikan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS),” imbuh Dumoranto. (rul)

Loading...


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here