Beranda Ekonomi Bisnis

Apa Saja Manfaat Tabungan?

0
Foto uang pecahan baru

Jakarta – Tabungan sampai saat ini masih menjadi kebutuhan bagi sebagian besar orang, meskipun saat ini sudah muncul berbagai investasi yang ditawarkan untuk alternatif. Tabungan masih tetap menjadi pilihan dan menjadi idola investasi berbagai kalangan, karena bersifat konvesional dan mudah ditemui di seluruh bank Indonesia.

Kecilnya risiko yang dihadapi, membuat banyak orang lebih memilih tabungan, maka tak heran kebanyakan orang memiliki lebih dari satu buku tabungan.

Jika kita berbicara soal manfaat manfaat yang bisa kita dapatkan di rekening tabungan, tentunya ada banyak sekali. Salah satunya dengan memiliki rekening tabungan Anda dapat memanajemen anggaran atau pengeluaran Anda tiap bulannya.

Berikut manfaaat lainnya yang Anda dapatkan dari tabungan:

1. Menabung jadi lebih aman dari pada investasi
Menabung memang lebih aman daripada investasi. Dalam berinvestasi diperlukan menghadapi risiko yang lebih besar dari tabungan. Namun jika Anda dapat berinvestasi secara tepat, maka hasil yang didapat lebih besar ketimbang tabungan. Karena investasi memiliki risiko yang lebih besar ketimbang tabungan.

2. Selalu Siap Ketika Kondisi Darurat
kita di kondisi darurat memang sangat dibutuhkan. Kejadian-kejadian yang tidak kita perkirakan akan sangat krusial, jangan sampai kita tidak memiliki dana darurat, karena hal tersebut akan membuat kita menunggak utang.

3. Mendapatkan Bunga Setiap Bulannya
Selain kita dapat mengatur perencanaan dan strategi keuangan, dengan rekening tabungan Anda pun dapat memperoleh keuntungan lebih. Biasanya bank akan memberikan bunga dan beberapa keuntungan lain pada kurun waktu tertentu.

Namun, bunga yang diberikan oleh bank jumlahnya rendah bahkan bisa lebih rendah dari tabungan Anda sendiri. Walaupun begitu, tetap saja bunga yang diberikan oleh bank bisa kita jadikan sebagai pendapatan lebih yang menguntungkan.

4. Tercipta Kondisi Keuangan yang Lebih Sehat
Salah satu manfaat ini sudah pasti dirasakan karena setiap Anda melakukan pengeluaran dana yang pasti pertama kali terpikirkan adalah prioritasnya. Dengan pemikiran tersebut tentunya Anda akan sangat bisa untuk berhemat dan mengurangi pengeluaran tiap bulannya. Dengan langkah langkah dan meletakkan anggaran di pos masing masing secara tidak langsung Anda sudah melakukan sebuah manajemen keuangan.

Dari keempat keuntungan yang dijelaskan di atas tentunya sekarang Anda sudah dapat mengira dan memprediksikan manfaat memiliki rekening tabungan. (detik.com)

Loading...


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here