Beranda Headline

Ansar Sah Pemenang Pilkada Kepri, Perdana Putra dari Pulau Bintan Jadi Gubernur

0
Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri Terpilih, Ansar Ahmad – Marlin Agustina-f/zulfikar-hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – Ansar Ahmad dan Marlin Agustina resmi disahkan, sebagai Gubernur dan Wagub Kepri terpilih dalam rapat paripurna DPRD Provinsi Kepri, Selasa (23/2/2021).

“Secara resmi DPRD Provinsi Kepri mengumumkan Ansar Ahmad dan Marlin Agustina sebagai paslon gubernur dan wagub Kepri terpilh masa jabatan 2021-2024,” ujar Ketua DPRD Provinsi Kepri, Jumaga Nadeak, saat memimpin rapat paripurna.

Pada kesempatan itu, Jumaga juga
memberikan penghargaan kepada Soerya Respationo-Iman Sutiawan, Isdianto-Suryani, dan Ansar Ahmad-Marlin Agustina, karena telah mengukir sejarah dalam demokrasi di Provinsi Kepri.

Ditemui usai paripurna, Ansar Ahmad mengatakan, setelah ia resmi berstatus sebagai gubernur Kepri terpilih, prioritas utamanya saat ini persiapan pelantikan.

“Setelah itu baru kita konsolidasi ke semua pihak,” kata pria kelahiran, Kijang, Kabupaten Bintan.

Sementara,Wagub Kepri terpilih Marlin Agustina tak berkomentar apapun usai ditetapkan sebagai wagub Kepri terpilih. Ditemui usai paripurna, Ketua TP PKK Kota Batam itu tak menjawab satupun pertanyaan yang disampaikan oleh awak media.

“Tanya bapak (Ansar) saja ya,” sebutnya sambil berlalu.

Dengan telah disahkannya Ansar Ahmad sebagai Gubernur dan Marlin Agustina sebagai Wagub Kepri terpilih, mematahkan dominasi putra asal Kabupaten Karimun sebagai Gubernur Kepri sejak satu dekade terakhir.

Sebagaimana diketahui, sejak 2010-2015, Provinsi Kepri dipimpin oleh HM Sani yang merupakan putra asli Tanjungbatu, Pulau Kundur, Kabupaten Karimun.

Kemudian ketika, HM Sani meninggal dunia, Gubernur Kepri digantikan oleh Nurdin Basirun. Pria kelahiran Moro, Kabupaten Karimun itu memimpin Provinsi Kepri sejak 2016-2019.

Pada 2019, pucuk pimpinan di Provinsi Kepri kembali berganti setelah Nurdin Basirun ditetapkan sebagai terdakwa dalam kasus perizinan. Posisi Gubernur Kepri diisi oleh Isdianto yang sebelumnya, merupakan Wagub Kepri.

Di 12 Februari 2021, masa jabatan Isdianto sebagai Gubernur Kepri berakhir. Untuk mengisi kekosongan Mendagri menunjuk Sekdaprov Kepri sebagai Plh Gubernur Kepri.

Setelah sepekan menjabat sebagai Plh Gubernur Kepri. Posisi Arif digantikan oleh Suhajar Diantoro setelah pejabat kelahiran Karimun itu dilantik sebagai Pj Gubernur Kepri pada, Rabu (18/2/2021).

Ketiganya, baik Isdianto, Arif Fadillah dan Suhajar Diantoro, adalah putra terbaik Provinsi Kepri, yang asalnya dari Kabupaten Karimun.

Dengan terpilihnya Ansar Ahmad sebagai Gubernur Kepri periode 2021-2024, adalah sejarah baru, putra terbaik dari Pulau Bintan menjadi orang nomor satu di Kepri, sekaligus mematahkan dominasi pejabat dari Karimun. (kar)

Loading...


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here