Beranda Headline

Akhir Desember DPA Tahun 2022 Diserahkan, Ansar Minta Triwulan 1 Sudah Dibelanjakan

0
Gubernur Kepri, Ansar Ahmad-f/zulfikar-hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – Gubernur Ansar Ahmad, menginstruksikan seluruh OPD di lingkungan Pemprov Kepri, untuk lebih memaksimalkan serapan anggaran APBD Provinsi Kepri Tahun 2022.

Orang nomor satu di Provinsi Kepri itu menegaskan, di triwulan 1 tahun 2022 mendatang, anggaran APBD Kepri sudah harus sudah dibelanjakan.

Karena kata dia, hal itu diperlukan untuk merealisasikan program percepatan pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19 yang dicanangkan oleh pemerintah pusat.

“Diharapkan belanja daerah itu dapat mendorong percepatan pemulihan ekonomi itu. Karena kita yakin setiap rupiah yang dibelanjakan pemerintah pasti akan memberikan multiplier effect ekonomi ke masyarakat. Karena itu harus dipercepat,” katanya, Senin (6/12/2021).

Dia mengutarakan, di tahun anggaran 2022 mendatang, APBD Kepri akan difokuskan untuk menjalankan lima program prioritas. Yakni, program penanganan dan pencegahan Covid-19, selanjutnya program jaminan perlindungan sosial, dan program percepatan pemulihan ekonomi.

“Program percepatan ekonomi ini akan kita dorong di semua OPD. Termasuk program bantuan subsidi bunga pinjaman bagi pelaku UMKM yang akan kita lanjutkan,” jelasnya.

Kemudian, sambungnya, program pengembangan sumber daya manusia (SDM) di Kepri berbasis teknologi, dan terakhir program peningkatan infrastruktur.

“Insya Allah, semua itu sudah terjabarkan. Dan tentu cantolannya dari visi misi Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri,” tegasnya.

Terpisah, Kepala Biro (Karo) Pembangunan Setdaprov Kepri, Aries Fhariandi mengatakan, pihaknya menargetkan di tahun 2021 ini, gubernur akan menyerahkan Daftar Pengguna Anggaran (DPA) APBD tahun 2022 ke seluruh OPD di lingkup Pemprov Kepri.

“Kita upayakan lebih cepat. Segera setelah evaluasi Kemendagri selesai, langsung kita serahkan. Diusahakan Desember akhir sudah diserahkan,” katanya.

Sebagaimana diketahui, Pemprov Kepri dan DPRD Kepri telah menetapkan APBD Provinsi Kepri tahun 2022 sebesar Rp3,870 triliun pada dalam rapat paripurna, Senin, (29/11/2021).

Juru Bicara Banggar DPRD Provinsi Kepri, Raden Hari Tjahyono, dalam paripurna itu menyampaikan, anggaran APBD Kepri 2022 dari pos pendapatan daerah ditargetkan sebesar Rp 3,480 triliun.

Pendapatan daerah itu, terdiri dari, pajak daerah Rp1.150 triliun, retribusi daerah Rp69 miliar, dan dana transfer daerah Rp2,1 triliun.

Sedangkan untuk pos belanja daerah dalam APBD Provinsi Kepri tahun 2022 ditetapkan sebesar Rp3,870 triliun. Terdiri dari belanja operasional sebanyak Rp 2,811 triliun dan belanja modal sebanyak Rp 462 miliar. Kemudian, belanja tidak terduga sebesar Rp30 miliar dan transfer daerah Rp 566 miliar.

Untuk pos pembiayaan daerah, lanjut Politisi PKS itu, diproyeksikan sebesar Rp390 miliar, yang terdiri dari silpa sebesar Rp210 miliar dan pinjaman daerah Rp180 miliar.(kar)



example banner

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here