Beranda Headline

7 Tips Menjadi Content Creator untuk Pemula

0
Instagram Shopee Indonesia: https://www.instagram.com/p/C0vtfgpLuO8/.f/istimewa

TANJUNGPINANG (HAKA) – Sudah bukan rahasia umum lagi, kalau salah satu profesi yang populer di era digital seperti saat ini adalah content creator.

Pasalnya, untuk menjadi content creator tidak terbatas usia, status pendidikan, bahkan fisik sekali pun. Siapa saja bisa menjadi seorang content creator.

Namun, sebelum membahasnya lebih jauh, kamu sudah tahu belum apa itu content creator? Kalau belum, supaya kamu paham, simak penjelasan di bawah ini.

Menurut KBBI, kreator atau creator adalah pembuat atau pencetus gagasan. Sedangkan konten atau content, merupakan informasi yang tersedia melalui media atau produk elektronik. Jadi, singkatnya content creator adalah pembuat informasi melalui sebuah media.

Seorang creator bisa membuat konten dalam bentuk tulisan, gambar atau pun video. Informasi yang disajikan pun sangat beragam, baik itu pendidikan, teknologi, pertanian, kuliner, olahraga dan masih banyak yang lainnya.

Banyak orang menganggap menjadi content creator itu cukup menjanjikan, tak hanya dari popularitas, tetapi juga dari segi finansial.

Ketika kamu jadi content creator, salah satu sumber penghasilan yang bisa kamu dapatkan yaitu melalui live streaming, seperti misalnya di Shopee Live.

Sebagai e-commerce besar di Indonesia, Shopee sudah mengisi hati para pelanggan Indonesia. Banyak sekali produk yang didiskon di platform yang satu ini. Apalagi kalau kamu belanja di Shopee Live, ada Diskon Murah 2x Sehari, Diskon s/d 40RB di Jam 12 Siang dan Jam 8 Malam.

Bukan cuma itu, Shopee juga sering mengadakan campaign menarik, seperti Giveaway Spesial TV Show Shopee 12.12 Birthday Sale.

Informasinya bisa kamu dapatkan di akun media sosial instagram Shopee Indonesia. Silakan pantau akun resminya dan aktifkan notifikasi supaya tidak ketinggalan update terbaru.

Baca juga:  Pembantu Curi Uang Majikan di ATM Hingga Rp 120 Juta, MA Ditangkap Polisi

Periode giveaway berlangsung hingga 30 Desember 2023. Hanya satu orang pemenang yang akan dipilih untuk memenangkan emas 5 gram.

Pengumuman pemenang akan dilakukan pada 31 Desember 2023 di akun Instagram @shopee_id. Keputusan oleh Tim Shopee tidak dapat diganggu gugat.

Nah, sekarang gimana caranya jadi content creator yang populer dan bisa mempunyai penghasilan? Jadi kamu gak cuma dapat diskon belanja, tapi juga bisa jualan dengan live streaming di Shopee Live. Berikut tips yang bisa kamu ikuti sebagai content creator pemula.

Tips untuk Content Creator Pemula

1. Tentukan Topik Konten
Hal paling awal dan utama yang harus kamu lakukan adalah menentukan topik konten yang ingin kamu buat. Tujuannya adalah supaya kamu bisa fokus dan konsisten membuat konten.

Ketika memilih topik konten, ada dua cara yang bisa kamu gunakan. Pertama, dengan memilih konten sesuai bakat dan minat. Kedua, kamu membuat konten yang sedang populer di tengah masyarakat.

Misalnya kamu lulusan Teknik Informatika, kamu bisa membuat konten tentang bahasa pemrograman, tips coding, review website atau aplikasi.

Lalu, jika di tengah masyarakat sedang ramai tentang memasak, kamu bisa membuat konten bahan makanan, resep makanan atau review hasil dari berbagai cara memasak.

2. Melakukan Riset Audiens
Setelah kamu tahu topik yang ingin kamu bahas, selanjutnya adalah mencari tahu lebih dalam yang diinginkan atau dibutuhkan oleh audiensmu.

Banyak tools yang bisa kamu gunakan untuk melakukan riset, seperti misalnya Google Trends, Google Keywords Planner, YouTube Analytics, atau platform media sosial lain.

Tujuan dilakukanya riset adalah supaya konten yang kamu sajikan lebih relevan untuk audiensmu. Ketika kontenmu lebih relevan, maka audiens akan mengikutimu.

Baca juga:  Lampaui Target, PAD Pajak dan Retribusi di Bintan Tahun 2023 Capai Rp 233 Miliar

3. Siapkan Perlengkapan untuk Membuat Konten
Salah satu yang menunjang konten yang bagus yaitu perlengkapan yang memadai. Apalagi jika konten yang kamu buat dalam bentuk video. Kualitas kamera sudah pasti akan menjadikan kontenmu lebih menarik untuk ditonton banyak orang.

Kamera yang kamu gunakan bisa dari handphone langsung atau dari kamera digital. Namun, tak hanya kamera, perlengkapan lain supaya kontemu lebih bagus yaitu perlu tripod dan laptop.

Tripod dibutuhkan supaya gambar yang kamu ambil simetris, dan laptop untuk kebutuhan kamu melakukan editing video.

4. Buat Konten Berkualitas
Sebuah konten akan mendapatkan perhatian dari audiens jika konten tersebut berkualitas. Pastikan konten yang kamu sajikan mempunyai kualitas yang bagus, baik secara visual maupun audio.

Tidak hanya itu, konten yang berkualitas juga didukung oleh pengambilan gambar, editing dan story telling yang disampaikan ke audiens. Jadi kamu harus memiliki kreatifitas yang tak terbatas, supaya kontenmu tetap berkualitas.

5. Konsistensi
Sebagai content creator pemula, kamu wajib konsisten membuat dan mengunggah konten. Hal ini dilakukan supaya algoritma platform membaca aktivitas akunmu dan audiens terbiasa dengan konten yang kamu buat.

Buat jadwal dalam seminggu atau sebulan, berapa banyak dan kapan saja kamu mengunggah konten. Adanya jadwal ini juga akan membantu kamu terus unggah konten ke platform media sosial kamu.

6. Interaksi dengan Audiens
Hubungan baik antara creator dan audiens harus dibangun dengan melakukan interaksi.

Kamu bisa melakukan interaksi dengan mereka di kolom komentar, live streaming, direct message atau bisa juga melalui email. Ketika hubungan creator dan audiens terjalin baik, audiens lambat laun akan semakin nyaman dengan kamu.

Kamu juga akan mendapat umpan balik untuk melakukan evaluasi. Secara jangka panjang, mereka akan menjadi loyal tidak hanya pada kontenmu, tapi juga pada personalmu sebagai content creator.

Baca juga:  Pemkab Gagas Silaturahmi dan Deklarasi Damai Usai Pemilu

7. Promosi
Ketika kamu rasa sudah melakukan 6 tips sebelumnya dengan benar, tapi audiensmu masih sedikit, maka hal yang harus kamu lakukan adalah promosi.

Kamu bisa promosikan kontenmu di media sosial, forum, atau komunitas online. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan fitur iklan pada platform yang kamu gunakan.

Itulah 7 tips yang dapat kamu terapkan sebagai creator pemula. Lakukanlah dengan konsisten. Bersabar terhadap semua proses yang kamu jalani.

Jangan takut untuk belajar dari kesalahan dan terus berkarya menghasilkan konten yang bermanfaat untuk audiensmu.

Suatu saat pasti kamu akan memiliki banyak audiens, karyamu dihargai dan kamu bisa berpenghasilan seperti content creator lain.(kar)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini