Beranda Headline

3 Tempat Oleh-oleh dan Kuliner yang Wajib Dikunjungi saat di Tanjungpinang

0
Toko Panjang Rezeki di Jalan Merdeka Nomot 19 Tanjungpinang-f/pasha-hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – Kota Tanjungpinang ibu kota Provinsi Kepri, tak hanya terkenal dengan sejarah Kerajaan Melayu dan budayanya saja. Tapi kuliner dan oleh-olehnya juga sangat beragam dan menarik.

Di Kota Tanjungpinang memiliki berbagai macam oleh-oleh, aneka jajanan, dan kuliner khas, yang bisa menjadi tujuan tepat bagi wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Tanjungpinang juga menjadi pusat kuliner yang memiliki kekhasan tersendiri, yakni kuliner seafood. Semua orang bisa menjumpai aneka seafood segar, yang dinikmati sembari melihat pemandangan laut yang indah.

Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Kepri, Guntur Sakti mengatakan, destinasi wisata kuliner sudah masuk dalam klasterisasi tema pariwisata di Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam, Bintan-Tanjungpinang, dan Karimun (BBK).

“Penetapan itu tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 1 Tahun 2024. Selain kuliner ada juga wisata heritage yang meliputi Melayu dan Tiongkok, wisata budaya, dan event,” katanya.

Ini dia 3 tempat yang wajib dikunjungi di Tanjungpinang

1. Toko Panjang Rezeki
Toko ini adalah tempat oleh-oleh dan jajanan khas tertua yang ada di Tanjungpinang. Dibangun sekitaran tahun 1920-an dan masih menggunakan bangunan berarsitektur zaman dahulu.

Toko Panjang Rezeki menyediakan aneka jajanan ringan khas Tanjungpinang dan daerah lain. Toko ini buka dari jam 7 pagi hingga pukul 18:00 WIB, dan berlokasi tidak jauh dari Pelabuhan Sri Bintan Pura dan Gedung Daerah, tepatnya di Jalan Merdeka Nomor 19 Tanjungpinang.

Ada banyak sekali aneka jajanan ringan yang bisa dibeli di sini. Seperti tepung gomak, bolu kemojo, bika ambon, risol kentang, putri salak, kue pilin, kue cakar ayam, lapis legit, tahu telur puyuh, dan masih banyak lagi.

Yang paling khas di toko kue ini adalah tepung gomak. Jajanan khas Melayu ini terbuat dari tepung ketan berisi serundeng kelapa yang memiliki rasa gurih. Jajanan lainnya yang wajib dicoba adalah bika kemojo. Kue ini memiliki rasa manis gurih, dengan aroma pandan yang menjadi sasaran utama para wisatawan ketika berkunjung ke Tanjungpinang.

Baca juga:  Gunung Daik, Tempat Berwisata Sekaligus Berpetualang

2. Pinang Paleo
Pinang Paleo menjadi tempat yang pas karena menyediakan aneka jajanan khas dari Tanjungpinang dan sekitaran daerah Kepri.

Seorang pengunjung yang membeli oleh-oleh khas Tanjungpinang, di Pinang Paleo-f/pasha-hariankepri.com

Berlokasi di Jalan DI Panjaitan Batu 9, Pinang Paleo menyediakan oleh-oleh dan jajanan gurih, seperti kerupuk gong-gong, pisang sale, batang buruk, kerupuk ikan tengiri, kerupuk atom, stick otak-otak ikan, dan lain-lain yang terasa gurih.

Selain jajanan yang gurih dan asin, Pinang Paleo juga menyediakan aneka jajanan manis yang memiliki rasa unik dan lembut. Seperti jenis kue dan dessert, brownis hingga bolu yang manis, dan tentunya memikat lidah wisatawan. Ogura menjadi salah satu oleh-oleh yang tidak boleh terlupakan ketika berkunjung ke sini.

Jajanan khas dari Pinang Paleo ini adalah Kek Pisang. Ini adalah kue yang memiliki rasa manis dan biasanya disajikan dengan 2 macam varian, yakni coklat dan nutella.

Tidak hanya jajanan dan oleh-oleh saja, pengunjung juga bisa membeli berbagai macam suvenir. Pinang Paleo menjual gantungan kunci gong-gong dan parfum gantung (hanging parfume) yang bisa menjadi buah tangan khas Tanjungpinang.

3. Rumah Makan Seafood Umi Nurlina
Beralih ke kuliner khas Tanjungpinang, yang tersedia di Rumah Makan Seafood Umi Nurlina. Lokasinya persis di sebelah jembatan Dompak, tidak jauh dari pelabuhan Roro Pulau Dompak.

Rumah Makan Umi Nurlina di Dompak, Tanjungpinang-f/pasha-hariankepri.com

Rumah Makan Seafood ini menjadi langganan bagi pegawai yang bekerja di instansi pemerintahan karena lokasinya strategis dekat dengan pusat pemerintahan Provinsi Kepri.

Pengunjung bisa menjumpai aneka seafood segar dan berkualitas dengan cita rasa yang sudah terjamin kelezatannya. Salah satu makanan khas di rumah makan ini adalah, ikan asam pedas.

Ikan asam pedas tidak hanya satu jenis saja. Namun ada beberapa macam. Seperti ikan kerapu, kakap, dan ikan sembilang, dengan harga yang cukup terjangkau per porsinya.

Baca juga:  Soal Gaji PTK Non ASN, Gubernur Ansar : APBDP Disahkan Langsung Dibayar

Selain itu, pengunjung juga bisa mencicipi kuliner khas Tanjungpinang, yaitu gong-gong. Ada juga jenis seafood lainnya, yakni, kepiting, sotong, dan udang. Di tempat ini juga menyediakan aneka sayuran.

Rumah makan ini juga menyedikan paket untuk makan bersama keluarga, teman, maupun kegiatan dan acara besar.
Untuk jam operasional, Senin-Jumat, pukul 09.00-21.00 WIB, dan Sabtu-Minggu, pukul 10.00-21.00 WIB. (sha)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini