Beranda Daerah Bintan

250 Ekor Sapi Divaksin PMK, KPP Bintan: Supaya Tidak Tertular Penyakit

0
Tim tenaga kesehatan hewan sedang menyuntikan cairan vaksinasi PMK ke sejumlah sapi di Bintan-f/istimewa-dinas kpp bintan

BINTAN (HAKA) – Sebanyak 250 ekor sapi di wilayah Kabupaten Bintan disuntik vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), untuk meningkatkan kekebalan tubuh hewan ternak itu. Hal ini disampaikan Kepala Dinas KPP Bintan, Sri Heny Utami.

Kepada hariankepri.com, Ia menerangkan, vaksinasi sapi itu sebagai bukti kehadiran pemerintah, untuk menjaga hewan ternak agar tidak tertular penyakit khususnya PMK.

“Karena akhir-akhir ini penyakit itu kembali merebak di Pulau Jawa. Sehingga, kami harus mengantisipasi PMK pada hewan ternak di Bintan,” ucapnya.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DKPP Bintan, drh Iwan Berri Prima, menambahkan, ternak sapi yang divaksin itu tersebar di dua kecamatan.

Yakni Kecamatan Gunung Kijang sebanyak 125 ekor, dan kecamatan Bintan Timur  berjumlab 125 ekor. Pelaksanaan vaksinasi dimulai sejak Rabu (6/3/2024) hingga Jumat (8/3/2034).

“Sapi sebelum divaksinasi dipastikan terlebih dahulu kesehatannya oleh dokter hewan. Hanya sapi yang sehat saja yang boleh divaksin,” jelas Berri Prima.

Ia mengatakan, pihaknya bersyukur bahwa hingga saat ini Bintan masih nihil kasus PMK. Hal itu juga dibuktikan dengan partisipasi dari para peternak untuk mendukung vaksinasi MPK di Bintan cukup tinggi.

“Apalagi kurang lebih tiga bulan lagi akan ada hari raya kurban. Sehingga penguatan kesehatan hewan untuk kurban harus kita pastikan jauh-jauh hari,” pungkasnya. (rul)

Baca juga:  Dibantu Setengah Miliar oleh Pemprov, Pemkab Natuna akan Beli Ventilator

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini