Beranda Daerah Kepri

Sambut Hardiknas, BPNB Gelar Beragam Kegiatan Selama Sepekan

0
Jalan sehat salah satu rangkaian kegiatan yang digelar sempena menyambut Hardiknas

TANJUNGPINANG (HAKA) – Pekan Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2018 tahun ini, bertema “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”. Sempena kegiatan ini, Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Kepulauan Riau, menyelenggarakan beberapa lomba dan kegiatan.

Lomba dan beberapa kegiatan ini dilaksanakan sejak tanggal 21 April hingga 27 April 2018 mendatang, di Gedung Gonggong, Taman Laman Boenda Tepi Laut.

Adapun kegiatan yang digelar, yakni pameran dan bazar buku murah, lomba mewarnai untuk siswa PAUD, lomba dendang syair untuk umum, lomba pidato untuk siswa SLTP, lomba debat untuk siswa SLTA, lomba menggambar untuk siswa SD, gelar wicara/talk show, bioskop keliling, jalan sehat dan pentas seni.

Kepala BPNB Kepulauan Riau, Toto Sucipto mengatakan, kegiatan ini sebetulnya acara dadakan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

“Sebulan yang lalu, pak menteri pendidikan dan kebudayaan (Mendikbud) RI menginginkan, pekan peringatan Hardiknas jangan hanya melakukan seremonial belaka.

Tapi ia mengingikan kegiatan itu ada kesan yang bisa ditanamkan terutama kepada siswa. Maka dari itulah kegiatan ini diselenggarakan,” katanya, Senin (23/4/2018) saat ditemui di depan Gedung Gonggong.

Namun, kata dia, kegiatan ini bukan hanya pihaknya saja yang menyelenggarakan, melainkan kegiatan ini gabungan dari semua Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang ada didaerah.

Kebetulan di Kepri ini ada 3 UPT Kementerian yaitu, Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Kepri, Kantor Bahasa Kepri serta BPNB Kepri.

“Dan kegiatan ini disusun oleh 3 UPT tersebut. Karena mendadak maka kami mengadakan kegiatan seperti ini, namun dari dari 3 UPT tentunya mengkoordinir kegiatan yang berbeda, kalau Kantor Bahasa mengadakan lomba pidato dan lainya, kalau BNPB seperti lomba melukis dan lainya, begitu juga LPMP,” ucapnya.

Menurutnya, tujuan kegiatan ini untuk memberikan kesan atau membuat anak-anak (siswa), semakin mengenal sejarah dan budaya serta bisa memahami fungsi pendidikan .

“Terutama kita juga mencoba melakukan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) melalui berbagi cara, salah satunya seperti lomba pidato, talk show, bazar buku murah, lomba melukis dan lainnya,” imbuhnya.

Oleh karena itu, ia mengharapkan untuk ke depanya kegiatan ini bisa dilakukan secara rutin setiap tahunya.

Semoga juga bisa bekerjasama dengan dinas pendidikan yang ada di kabupaten/kota maupun Provinsi Kepri supaya Hardiknas ini lebih gebyar lagi acaranya.(zul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here