Kehadiran Forum Kanker Bintim Disambut Positif Warga Bintan

example banner

Share this:

Sosialisasi tentang penanganan penyakit kanker bersama FPK Bintan Timur, di Gedung LAM Bintan, Kijang-f/masrun-hariankepri.com

BINTAN (HAKA) – Pengurus Forum Pejuang Kanker (FPK) Bintan Timur (Bintan), melaksanakan sosialisasi tentang gejala dan penanganan penyakit kanker, kepada puluhan warga yakni, para penderita kanker (survivor) pada Minggu (5/1/2020).

Loading...

Kegiatan itu digelar di Gedung Lembaga Adat Melayu (LAM) Bintan, Kelurahan Kijang Kota, Kecamatan Bintan Timur.

Edukasi ini mendapat respon positif dari puluhan peserta, yang didominasi ibu rumah tangga mulai usia 30-60 tahun lebih.

Sumira (68), seorang warga Kampung Pisang Kijang Kota mengatakan, pengetahuan singkat terkait kanker dari FPK sangat bermanfaat bagi dirinya.

Sebab, sebelumnya Sumira belum pernah mendapatkan pengetahuan tentang gejala, dan bagaimana cara penanganan kanker.

Sumira bercerita, saat ini dirinya mengalami beberapa benjolan di tubuhnya dan terasa gatal-gatal.

Untuk itu, ia berharap agar pengurus FPK Bintim mendampinginya, dalam melakukan medikal check-up di rumah sakit nanti.

“Setelah mendengar penjelasan pengurus forum tadi, saya rencana cek kesehatan di dokter,” tutupnya.

Hal yang sama juga dikatakan seorang warga perumahan Tekojo, Turdia (40). Ia mengaku, akan mulai mengatur jadwal pemeriksaan kesehatan baik di rumah sakit maupun puskemas.

“Pengetahuan dari motivator tadi sangat bermanfaat bagi saya dan keluarga,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Umum FPK Bintim Tati Syafriani mengatakan, dalam kegiatan itu para peserta juga berbagi pengalaman terkait penyakit yang dialami mereka. Mulai dari kanker rahim, otak, tulang, hati hingga payudara.

Menurutnya, penyakit kanker bisa diatasi secara berkelanjutan, jika sering cek kesehatan, berolahraga teratur, dan yang paling penting mendapatkan motivasi hidup dari orang-orang yang di sekeliling kita.

Sejak berdiri tanggal 16 Desember 2019 lalu. Forum ini, telah bekerjasama dengan RSUD Bintan, Rumah Sakit Poliklinik Yakespen Antam Kijang maupun puskesmas.

“Kami akan selalu mendampingi dan memberikan semangat hidup terhadap para penderita kanker di Bintan ini,” tutupnya.(rul)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan