Ajakan Gubernur untuk Hadapi Gerhana Bulan Malam Ini

example banner

Share this:

Gubernur Kepri Nurdin Basirun

TANJUNGPINANG (HAKA) – Malam nanti, akan terjadi sebuah fenomena alam langka super blue blood moon, atau supermoon yang bertepatan dengan gerhana bulan total yang dapat disaksikam di seluruh belahan dunia termasuk Indonesia.

Loading...

Fenomena ini terbilang langka, karena hanya akan terulang lebih dari 100 tahun untuk di Amerika, 36 tahun di Indonesia. Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengajak seluruh masyarakat untuk melihat sekaligus mengamati fenomena langka ini.

“Meskipun fenomena ini merupakan fenomena langka, namun masyarakat harap mewaspadai tinggi pasang maksimun hingga mencapai 1,5 meter karena adanya gravitasi bulan dengan matahari,” sebut BMKG dalam rilisnya.

Selain itu menurut BMKG, fenomena ini juga dapat mengakibatkan surut minimum mencapai -100 – 110 cm yang terjadi pada 30 Januari hingga 1 Februari 2018 di wilayah pesisir.

“Hal ini tentu akan berdampak pada terganggunya transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir,” tulis BMKG.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kementrian Agama Provinsi Kepri Marwin Jamal mengimbau seluruh umat muslim untuk melaksanakan salat sunah gerhana selama gerhana bulan berlangsung.

“Diimbau kepada kaum muslimin untuk dapat melaksanakan shalat sunah gerhana berjamaah dan melaksanakan khutbah sesuai tuntunan nabi Muhammad Saw,” imbaunya.

Marwin melanjutkan, setelah shalat sunah ada baiknya kata dia dilanjutkan dengan memperbanyak zikir, istighfar, sedekah dan amal kebajikan lainnya.

“Dan tak lupa mendoakan keselamatan bangsa dan negara,” sebutnya.

Gubernur Kepri Nurdin Basirun juga mengajak seluruh umat muslim di Kota Tanjungpinang,serta pegawai di lingkungan Pemprov Kepri untuk bersama-sama mengikuti salat sunah gerhana berjamaah di Masjid Nur Ilahi Dompak.(kar)
———————————-
Fase Gerhana Bulan Total :
1. Gerhana mulai pukul : 17:49
2. Gerhana sebagian mulai pukul :18:48
3. Gerhana total mulai pukul :19:51
4. Puncak gerhana pukul : 20:29
5. Gerhana total pukul : 21:08
6. Gerhana sebagian berakhir pukul : 22:11
7. Gerhana berakhir pukul : 23:09

Durasi dari gerhana total hingga gerhana total berakhir : 1 jam 16,8 menit.
#sumber BMKG

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan