Waspada Musim Utara Tiba, BMKG: Gelombang Laut Capai 5 Meter

example banner

Share this:

Ilustrasi gelombang laut tinggi membuat kapal belum berlayar-f/istimewa-net

TANJUNGPINANG (HAKA) – Kondisi cuaca di perairan Kepri, untuk sepekan ke depan diprediksi kurang bersahabat.

Loading...

Prakirawan Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Tanjungpinang Khalid menyampaikan, berdasarkan hasil pemantauan BMKG, selama sepekan kondisi gelombang di wilayah perairan Kepri mengalami ketinggian yang cukup signifikan.

“Bulan ini sudah masuk musim angin utara, ketinggian gelombang sekarang bisa mencapai maksimal ketinggian 5 meter,” ujarnya, Selasa (10/12/2019).

Dipaparkannya, untuk sepekan ke depan ketinggian gelombang di perairan Tanjungpinang, Batam, dan Karimun diprediksi mulai dari 0,5-1,3 meter.

Sedangkan di perairan Lingga tinggi gelombang diprediksi 0,8-2,5 meter. Kemudian untuk perairan Anambas dan Natuna tinggi gelombang bisa mencapai 1,5-5.0 meter.

“Kemungkinan besar gelombang berangsur-angsur akan menurun setelah pekan depan, namun akan kembali meningkat lagi di akhir tahun 2019,” jelasnya.

Terkait kondisi tersebut, Plt Gubernur Kepri, Isdianto mengimbau kepada masyarakat, utamanya nelayan dan operator kapal untuk selalu waspada ketika beraktifitas di tengah kondisi cuaca yang kurang bersahabat saat ini.

Ia menekankan, untuk tidak lupa mempersiapkan alat keselamatan seperti pelampung dan life jacket. Hal itu untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Tapi kalau misalnya cuaca memang benar-benar tidak memungkinkan, sebaiknya jangan memaksakan diri,” imbaunya.(kar)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan