Harian Kepri

Wako-Wawako Tanjungpinang Semprot Disinfektan dan Bagi-bagi Masker

Motor-motor yang terparkir juga disemprot disinfektan oleh Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul

Wako Syahrul saat melakukan penyemprotan disinfektan di wilayah Jalan Merdeka dan Pasar Baru Tanjungpinang

TANJUNGPINANG (HAKA) – Merebaknya virus Corona atau Covid-19 ini, membuat sebagian warga menjadi protektif dan waspada. Hal ini tidak menyurutkan semangat para kepala daerah dan elemen masyarakat lainnya untuk memberikan ketenangan bagi warga masyarakatnya.

Usai melakukan rapat terbatas terkait penanganan virus Corona di Gedung Gonggong, Syahrul bersama beberapa rombongan langsung meluncur ke wilayah pasar. Dipilihnya pasar sebagai titik penyemprotan, karena pasar merupakan tempat bertemunya ramai orang. Untuk itulah, Syahrul langsung menuju ke pasar agar meminimalisir dampak penyebaran virus Corona ini.

Setiap titik dan sudut jalan serta fasilitas umum yang ada di pasar tersebut secara merata terkena semprotan cairan disinfektan tersebut. Ayah Syahrul, tampak semangat menyemprotkan cairan disinfektan tersebut, sembari memberi semangat kepada masyarakat untuk menjaga kesehatan dan kebersihan serta mengajak untuk bersama-sama berdoa agar virus Corona atau Covid-19 ini segera berlalu.

Syahrul melakukan penyemprotan disinfektan di kawasan Pasar Tanjungpinang, Senin (23/3/2020). Ia ditemani petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Dinas Perhubungan Kota Tanjungpinang.

Syahrul mengatakan, dalam penanganan Covid-19 ini harus dilakukan secara bersama-sama dan masyarakat juga harus turut serta dalam membantu pemerintah agar virus ini dapat diatasi dan selesai.

“Ikuti saja aturan pemerintah untuk berdiam diri di rumah sampai waktu yang ditentukan, saat ini mari bersama bahu-membahu antara pemerintah, masyarakat dan seluruh elemen untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona ini,” pinta Syahrul.

Wako Syahrul dan Wawako Rahma saat membagikan masker di Pasar Bincen

Ia juga mengimbau agar senantiasa melakukan pola hidup bersih dan sehat agar terhindar dari virus Corona ini serta kurangi aktifitas di luar rumah kecuali ada hal-hal yang mendesak, hindari tempat keramaian dan kerumunan orang serta perbanyak beribadah dan berdoa agar virus ini dapat segera berlalu dan hilang.

Selain Syahrul, Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Rahma juga turun langsung untuk melakukan penyemprotan cairan disinfektan di berbagai fasiltas umum, di Tanjungpinang.

Rahma mengatakan, penyemprotan cairan disinfektan merupakan bentuk pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah Kota Tanjungpinang. Rencananya penyemprotan dilakukan bertahap di wilayah Kota Tanjungpinang pada kesempatan ini diawali di wilayah Kecamatan Tanjungpinang Timur. Penyemprotan dilakukan dengan menggunakan dua unit mobil pemadam kebakaran Pemko Tanjungpinang dengan kapasitas mobil masing-masing 5.000 liter.

Rahma juga mengucapkan terima kasih kepada semua elemen masyarakat Kota Tanjungpinang, yang telah bahu-membahu dalam menanggulangi penyebaran Corona di Kota Tanjungpinang.

“Mari kita bersama-sama jaga pola hidup bersih dan sehat, menjaga jarak, jauhi kerumunan serta mematuhi semua instruksi dan himbauan dari pemerintah tentunya, dan kita doakan bersama semoga musibah ini cepat berakhir, dan kita bisa kembali beraktifitas seperti biasanya,” harapnya.

Penyemprotan cairan disinfektan juga melibatkan berbagai pihak dan elemen masyarakat Kota Tanjungpinang, yang didalamnya terdapat unsur dari TNI, Polri, BPBD, Dishub, RSUD hingga Dinkes, Satpol PP Kota Tanjungpinang dan elemen masyarakat lainnya.

Adapun rute penyemprotan ini yang digelar Jumat (25/3/2020) ini dimulai dari titik kumpul Polsek TPI Timur (Pasar bintan center), Simpang Kedai Kopi Batu 10 dilanjutkan di sepanjang ruas Jalan DI Panjaitan ke arah lampu merah Km 8, Jalan DI Panjaitan arah lampu merah Km.6 dan kembali ke arah Jalan DI Panjaitan serta Jalan WR Supratman, lalu belok kearah seputaran pasar bintan center dan kegiatan penyemprotan ini berakhir di Asrama Polisi.

Wawako Tanjungpinang, Rahma saat ikut melakukan penyemprotan

Sehari sebelumnya, Kamis (26/3/2002), Syahrul dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Rahma juga membagi-bagikan masker kepada masyarakat dan pedagang yang ada di Pasar Bintan Center (Bincen).

Menurut Syahrul, Pasar Bintan Center itu merupakan akses keluar masuknya serta bertemunya masyarakat dari Kota Tanjungpinang ini. Pembagian masker ini dilakukan, untuk mengantisipasi penyebaran virus Covid-19. Syahrul juga mengimbau kepada masyarakat yang mengunjungi pasar serta pengguna akses kendaraan umum untuk selalu waspada dan selalu menjaga kesehatan.

“Kami mengimbau kepada para pedagang dan pembeli atau masyarakat pengguna pasar serta kendaraan umum agar selalu menjaga kesehatan, berhati-hati dan selalu bercuci tangan dan selalu memakai masker,” pintanya.

Ia juga meminta agar imbauan untuk tidak ada kerumunan massa dan hal-hal yang dapat menyebabkan virus ini menyebar agar dapat dipatuuhi. “Kami sudah membuat imbauan untuk tidak ada kerumunan massa dan Insya Allah nanti akan kami pantau apabila masih ada keramaian, nanti ada mobil Satpol PP yang selalu keliling untuk memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat,” ucapnya.

Selain membagikan masker, Syahrul dan Rahma juga meninjau sarana pencuci tangan yang diletakkan pada beberapa fasilitas umum. Untuk pertama, sarana pencuci tangan yang dilengkapi dengan sabun tersebut berada di pasar Bintan Center.

Hal ini dilakukan sebagai upaya pencegahan dan penyebaran virus Corona atau Covid-19. “Sarana ini akan terus dipantau oleh Satpol PP dan BPBD untuk pasokan air bersih serta akan diletakkan juga dibeberapa fasilitas umum seperti di Pasar Baru 1 dan 2, Pasar Potong Lembu dan Pasar KUD, ini tidak menutup kemungkinan akan disebarkan ke beberapa tempat lainnya, dengan upaya untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona ini,” ungkap Syahrul.

Sekali lagi, Syahrul mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Tanjungpinang agar tetap berada di rumah, lakukan hal positif dan jaga kebugaran. “Lakukan aktivitas di rumah, tetap jaga kesehatan dan perbanyak beribadah agar kita semua terhindar dari virus Corona atau Covid-19 ini,” pungkas Syahrul. (adv)

Exit mobile version