Beranda Headline

Vaksin Dosis ke Empat di Tanjungpinang Sudah Mulai, 2.800 Nakes Jadi Sasaran

0
Sejumlah warga saat melakukan vaksin-f/masrun-hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang, Sri Handono mengatakan, penyuntikan vaksin Covid-19 dosis ke empat atau booster kedua, sudah mulai dilakukan kepada tenaga kesehatan (nakes) yang ada di Tanjungpinang.

Menurutnya, pelaksanaan vaksin ke empat tersebut berdasarkan surat edaran dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia.

“Pada Jumat (5/8/2022) kemarin sudah mulai dilakukan penyuntikan vaksin ke empat terhadap nakes,” katanya, Senin (8/8/2022).

Ia menambahkan, nakes yang divaksin ke empat ini diprioritaskan terhadap tiga rumah sakit yang ada di Tanjungpinang.

“Kita utamakan nakes yang ada di RSUD, RSUP dan RSAL, serta puskesmas sudah juga yang mulai vaksinasi,” terangnya.

Ia tidak mengetahui persis, berapa banyak nakes yang akan dilakukan vaksin booster kedua tersebut. Namun targetnya sama dengan nakes yang melakukan booster sebelumnya.

“Ada sekitar 2.800 nakes yang akan divaksin. Jeda vaksin booster pertama dengan kedua yakni 6 bulan,” sebutnya.

Sedangkan untuk jenis vaksin booster kedua ini, tambah dia, yakni disesuaikan dengan booster yang sebelumnya. Tujuan pelaksanaan vaksin ke empat ini agar kekebalan tubuh para nakes bisa bertambah lagi.

“Memang sebelummya herd immunity sudah terbentuk, namun dengan jeda 6 bulan tentu mengalami penurunan maka dilakukan vaksin lagi,” imbuhnya.

Karena kata dia, para nakes tersebut langsung berhadapan dengan masyarakat, lagi pula saat ini kasus Covid-19 kembali meningkat.

Namun demikian, Sri Handono belum bisa menjawab, ketika ditanya apakah setelah nakes selesai, maka selanjutnya akan dilakukan ke masyarakat umum.

“Intinya vaksin ke empat ini sekarang hanya fokus ke nakes. Kalau masyarakat umum kita belum tau, tergantung nanti kebijakan ke depan seperti apa,” tukasnya.(zul)





TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini