Beranda Daerah Bintan

Turunkan AKI dan AKB, Ketua Komisi IV DPRD Kepri Minta Peningkatan Kapasitas Bidan

0
Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Kepri, Dewi Kumalasari Ansar-f/zulfikar-hariankepri.com

BINTAN (HAKA) – Ketua Komisi IV DPRD Kepri, Dewi Kumalasari menekankan pentingnya kolaborasi antara pemerintah daerah, stakeholder terkait, dan masyarakat dalam upaya menangani masalah kesehatan ibu dan bayi.

Hal ini kata dia bertujuan untuk menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB).

“Kami berharap semua pihak dapat bersama-sama meningkatkan kualitas pelayanan dan memberikan kontribusi yang lebih besar dalam menurunkan angka kematian ibu dan bayi,” katanya.

Politisi Partai Golkar itu menjelaskan, upaya menurunkan AKI dan AKB merupakan bagian dari upaya bersama untuk mencapai target Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) terkait kesehatan, khususnya dalam mencapai target angka kematian ibu dan bayi yang rendah.

“Salah satunya melalui peningkatan kapasitas bidan,” jelasnya.

Dia mengutarakan, peningkatan kapasitas bidan juga bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan mereka dalam upaya menurunkan angka kematian ibu dan bayi.

“Karena hal ini sejalan dengan komitmen pemerintah untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, terutama dalam menjaga kesejahteraan ibu dan bayi di tingkat lokal,” tuturnya.

Anggota DPRD Kepri Dapil Bintan-Lingga ini juga menyampaikan, para bidan juga memiliki peran yang cukup penting bidan dalam sistem pelayanan kesehatan.

Karena menurut Dewi, bidan merupakan garda terdepan dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada ibu hamil dan bayi.

“Meningkatkan kapasitas mereka tentu akan berdampak positif dalam menurunkan angka kematian ibu dan bayi,” pungkasnya.(kar)

Baca juga:  Ada Dugaan Korupsi di Proyek Kota Rebah, Penyidik Polres Periksa Kontraktor

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini