Beranda Headline

Tito Usulkan Tambahan DID Bagi Daerah yang Vaksinasi Dosis 1 Capai 70 Persen

0
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian-f/istimewa-puspen kemendagri

TANJUNGPINANG (HAKA) – Mendagri Tito Karnavian menjanjikan, akan mengusulkan kepada Kementerian Keuangan, untuk memberikan tambahan Dana Insentif Daerah (DID), bagi daerah yang capaian vaksinasi dosis 1 di akhir tahun 2021 mencapai 70 persen.

“Bagi daerah yang telah memenuhi target 70 persen, akan kami usulkan kepada Kementerian Keuangan untuk diberikan tambahan Dana Insentif Daerah dan Dana Alokasi Umum,” katanya, dalam keterangan tertulis.

Sebaliknya, ujar, Mantan Kapolri ini, bagi yang daerah yang capaian vaksinasi dosis 1 tidak mencapai 70 persen di akhir tahun 2021, maka, daerah tersebut akan diberikan teguran dan sanksi berupa disinsentif atau tidak akan diberikan tambahan DID.

“Kita akan melakukan evaluasi bagi daerah yang tidak mencapai target 70 persen angka vaksin dosis pertamanya,” tegasnya.

Tito pun meminta, kepada seluruh kepala daerah untuk serius dalam melakukan percepatan vaksinasi Covid-19. Karena kata dia, selain sebagai upaya melindungi masyarakat, hal tersebut juga merupakan instruksi Presiden Joko Widodo.

Sementara itu, berdasarkan data yang dirilis Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Kepri per 21 Desember 2021, capaian vaksinasi dosis 1 untuk usia di atas 18 tahun di Provinsi Kepri telah mencapai 93,48 persen, 98,43 persen untuk vaksinasi anak usia 12-17 tahun, dan 76,80 persen untuk vaksinasi lansia dosis 1.

Dari tujuh kabupaten/kota di Provinsi Kepri, untuk capaian vaksinasi dosis 1 usia di atas 18 tahun dan usia 12-17 tahun seluruhnya telah di atas 70 persen.

Sedangkan, untuk vaksinasi lansia, dari 7 kabupaten/kota di Provinsi Kepri, hanya Bintan, Karimun, dan Anambas yang capaian vaksinasi dosis 1 masih di bawah 70 persen. Sedangkan, daerah lainnya, capaiannya rata-rata telah di atas 70 persen. (kar)



example banner

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here