Beranda Daerah Bintan

Tim OVOC IPB: Permudah Pemasaran, Sorgum Petani Milenial Bintan Diberi Nama Gumiram

0
Label Branding hasil Tim OVOC IPB untuk produk produk olahan sorgum hasil kreasi ibu-ibu Sei Jeram-Kelompok Tani Milenial, Desa Lancang Kuning-f/masrun-hariankepri.com

BINTAN (HAKA) – Tim OVOC IPB melakukan branding beragam produk sorgum, hasil kreasi kelompok ibu-ibu Sei Jeram di bawah binaan Kelompok Tani Milenial Kreatif, Desa Lancang Kuning, Bintan.

“Brandingnya dengan nama Gumiram. Kini menjadi label resmi produk olahan sorgum itu,” kata Sahlatul, anggota tim OVOC yang melakukan pendampingan di Kelompok Petani Milenial Bintan kepada hariankepri.com, Minggu (4/12/2022).

Ia menjelaskan, Gumiram diambil dari Sorgum Sei Jeram. Jadi namanya untuk mengangkat nama daerah penghasil produk-produk olahan sorgum di Bintan.

“Kita bantu ide dan desainnya,” ucapnya.

Tim OVOC, menurutnya, terus melakukan inovasi, agar produk olahan sorgum dari kelompok Tani Milenial Kreatif, bisa lebih terkenal dengan label yang mudah diingat oleh masyarakat dan mudah dipasarkan.

Produk Gumiram, sudah memiliki beberapa produk yakni beras sorgum, tepung sorgum, cake roll sorgum, cookies sorgum dan brownies crispy sorgum.

“Produk ini, baru dipasarkan pada expo dan bazar yang diselenggarakan pemerintah daerah atau pihak ketiga,” katanya.

Sementara itu, Koordinator OVOC, Rahmat mengatakan, tidak hanya produk Gumiram dari Desa Lancang Kuning. Produk olahan sorgum juga telah ada dari Kelompok Tani Toapaya Asri (Topas). Produknya berupa teh sorgum, kopi sorgum dan beberapa cookies.

“Kalau untuk produk sorgum dari Topas sudah memiliki brand sendiri. Bagi masyarakat yang tertarik membeli produk sorgum dari dua kelompok tani ini bisa pesan melalui kelompok tani milenial, Pak Rusdi di nomor 0812-7026-2692 dan Pak Ayim di nomor 0821-7435-5566,” pungkasnya. (arp)

Baca juga:  Tanjungpinang Fest dan Bintan Culture Festival Masuk Dalam KEN 2023

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini