Beranda Headline

Tiga Kuliner Legendaris Khas Akau Potong Lembu Tanjungpinang

0
Akau yang menjadi salah satu pusat kuliner paling terkenal di Tanjungpinang-f/pasha-hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – Akau Potong Lembu, merupakan salah satu tempat kuliner terbesar di Kota Tanjungpinang. Beragam jenis makanan dijual di sini, dengan beragam cara penyajian.

Dulunya akau berlokasi di Jalan Pos Tanjungpinang. Kemudian, pada tahun 1990-an, Akau pindah ke lokasi baru di Jalan Potong Lembu sampai sekarang, hingga dinamakan Akau Potong Lembu.

Sejak tahun 2023 wajah Akau Potong Lembu sudah berubah. Hal ini setelah dilakukan penataan oleh Pemprov Kepri dan Pemko Tanjungpinang.

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad menyampaikan, penataan Akau Potong Lembu bertujuan untuk menjadikan lokasi tersebut sebagai salah satu destinasi wisata kuliner unggulan di Kota Tanjungpinang.

“Karena, kalau tempat makannya sudah bagus, jalan-jalannya sudah bagus itu bisa meninggalkan kesan yang baik bagi orang yang datang ke Tanjungpinang, mari kita jaga bersama kota yang kita cintai ini,” ujarnya.

Kawasan yang telah dikenal sebagai pusatnya kuliner di Kota Tanjungpinang ini, menjajakan beragam jenis kuliner. Selain rasanya yang lezat, bermacam makanan di Akau membuat tempat ini terasa tidak membosankan.

Beragam jenis kuliner menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat Tanjungpinang dan wisatawan. Selain rasanya yang lezat, bermacam makanan di Akau membuat tempat ini terasa tidak membosankan.

Adapun makanan yang dijual di sini antara lain, Hekeng, O Luak, Cendol Abi, Mie Miskin, Mie Kulup. Nasi Ayam, Teh Tarik, Prata, dan masih banyak lagi.

Apabila berkunjung ke Tanjungpinang dan singgah ke Akau, berikut ini 3 kuliner legendaris di Akau yang sayang jika dilewatkan.

1. Hekeng

Jajanan Hekeng khas Akau Potong Lembu-f/pasha-hariankepri.com

Hekeng merupakan jenis makanan yang berasal dari olahan daging. Baik daging ikan, ayam, maupun sapi. Salah satu jenis hekeng yang paling dicari oleh pengunjung adalah hekeng hiu, karena jenisnya yang sangat langka dan terbatas.

Baca juga:  Lanal Batam Gagalkan Penyelundupan 4 Kilogram Sabu di Karimun

Kios yang menjual hekeng ini terletak di bagian depan sebelah kanan pintu masuk Akau. Pengunjung mudah menjumpai kios ini karena letaknya yang selalu ramai pembeli. Kios ini tidak hanya menjual hekeng hiu, ada juga berbagai jenis gorengan lainnya.

Dijual dengan harga Rp 7 ribu per porsi,
hekeng sangat pas didampingi cocolan saus cabai yang sangat menggugah selera.

2. O Luak

Pedagang O-Luak di Akau Potong Lembu-f/pasha-hariankepri.com

O Luak atau telur dadar tiram merupakan salah satu kuliner legendaris di Akau. Ketika memesan, konsumen bisa langsung melihat penjual yang memasak O Luak.

O Luak berasal dari olahan telur dadar, tepung beras, daun seledri, dan tiram. O Luak dibuat dengan ditambahkan bubuk cabai hijau. Kios yang menjual O Luak di bagian depan sebelah kiri pintu masuk Akau, bersebrangan dengan kios hekeng dan otak-otak.

Sudah berdiri sejak 7 tahun yang lalu, kios ini selalu ramai dikunjungi pembeli. Tidak hanya itu, O Luak juga dijual dengan harga yang cukup terjangkau oleh pembeli, yakni Rp 30 ribu per porsi.

3. Es Cendol Abi

Es Cendol Abi minuman paling legendaris yang masih ada di Akau hingga saat ini-f/pasha-hariankepri.com

Kali ini kita beralih ke menu minuman, yaitu es cendol Abi. Minuman ini sudah tidak asing bagi warga Tanjungpinang. Penjual sekaligus pemilik es cendol ini pun sudah turun temurun. Namanya Hua Tie, dia adalah anak kandung Abi yang melanjutkan usaha orang tuanya, yang dirintis sejak tahun 1964.

Cendol Abi ini mulai berjualan di Jalan Temiang, persis di bawah BCA lama.
Namun pada tahun 1973, Cendol Abi pindah ke Jalan Pos, setelah puluhan tahun jualan di situ, cendol Abi kembali pindah ke tempat yang baru yakni Akau Potong Lembu di tahun 1993.

Pengunjung bisa menjumpai es cendol Abi di sebelah kiri masuk Akau. Es cendol ini hampir sama dengan es cendol pada umumnya, namun cita rasanya yang unik dan khas yang membuatnya berbeda dari yang lain.

Baca juga:  Bappenas Setujui Anggaran Rp 93 Miliar untuk Bangun Tugu Bahasa di Penyengat

Dijual dengan harga Rp 17 ribu per bungkus dan Rp 14 Ribu per gelas, es cendol Abi tidak hanya dijual di Akau, namun kamu juga akan menjumpainya di tempat lain, yakni di Batu 9.

Es cendol tersebut dikombinasi cendol berwarna hijau, pink yang terbuat dari tepung beras, serta kacang merah. Untuk menambah kenikmatannya, es cendol ini dipadukan dengan santan dan gula merah. (sha/zul)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini