Beranda Headline

Tanjungpinang Fest dan Bintan Culture Festival Masuk Dalam KEN 2023

0
Plt Kadispar Kepri, Raja Hery Mokhrizal (tengah) bersama wisman dalam event pariwisata yang diselenggarakan di Kabupaten Bintan pada tahun 2022 lalu-f/istimewa-disparkepri

TANJUNGPINANG (HAKA) – Plt Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Provinsi Kepri, Raja Hery Mokhrizal menyampaikan, dua agenda Pariwisata Provinsi Kepri masuk dalam Karisma Event Nusantara (KEN) 2023.

“Alhamdulillah, dua agenda pariwisata kita tahun ini, ungkapnya kepada hariankepri
com, Selasa (31/1/2023).

Adapun dua agenda pariwisata tersebut, yakni Tanjungpinang Fest dan Bintan Culture Festival. Keduanya masuk dalam daftar 110 event unggulan KEN tahun 2023 yang secara resmi diluncurkan oleh Menparekraf Sandiaga Uno pada pada Sabtu (28/1/2023).

Heri menjelaskan, Tanjungpinang Fest sendiri akan berlangsung di Kota Tanjungpinang yakni pada pekan ke 2 Agustus tahun 2023.

“Sedangkan Bintan Culture Festival akan dilaksanakan di Kabupaten Bintan pada November 2023,” jelasnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan, kedua agenda pariwisata itu bisa masuk dalam KEN 2023 setelah melalui proses kurasi yang dilaksanakan oleh Kemenparekraf pada November-Desember 2022 lalu.

“Proses kurasinya sendiri melalui tiga tahapan utama yaitu seleksi administrasi, konsep, dan wawancara,” tuturnya.

Heri mengatakan, dengan masuknya dua agenda pariwisata Kepri tersebut dalam KEN 2023, hal itu tentunya diharapkan dapat menjadi momentum kebangkitan pariwisata di Provinsi Kepri.

“Serta yang tak kalah penting, ini juga tentunya diharapkan dapat menjadi penggerak ekonomi daerah,” pungkasnya.

Dilansir dari laman Kemenparekraf, KEN merupakan program yang bertujuan untuk menggeliatkan ekonomi dengan menghadirkan event-event daerah yang berkualitas.

Ke-110 Event yang masuk dalam KEN 2023, merupakan hasil kurasi dari total 291 event pariwisata yang diusulkan oleh Dinas Pariwisata Provinsi se-Indonesia.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, kurasi KEN 2023 berdasar pada lima bidang penilaian yaitu bidang pariwisata dan ekraf, bidang inovasi dan kreativitas, bidang manajemen event, bidang strategi komunikasi, serta bidang pengembangan bisnis dan pemasaran.(kar)

Baca juga:  Rahma Bangga, Penyengat Ditetapkan Sebagai Rumah RJ oleh Kejagung RI

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini