Beranda Daerah Bintan

Tahun Ini, Disperkim Bintan Anggarkan Rp 14 Miliar untuk Masjid Agung Seri Bentan

0
Sejumlah pekerja sedang mengerjakan Masjid Agung Seri Bentan yang ada di Kompleks Perkantoran Bupati Bintan-f/masrun-hariankepri.com

BINTAN (HAKA) – Kadis Perkim Bintan M Irzan mengatakan, pembangunan Masjid Agung Seri Bentan Buyu ditargetkan selesai pengerjaannya pada tahun 2027 mendatang, dengan total anggaran Rp 34 miliar.

“Di tahun 2024 ini, masuk tahap kelima dengan total dana sekitar Rp 14 miliar,” ucap Irzan kepada hariankepri.com, Selasa (2/6/2024).

Ia menerangkan, untuk pengerjaan di tahun ini adalah struktur tangga dan atap, teras bagian kanan kiri, bangunan utama, hingga pemasangan tempat wudhu untuk disabilitas.

“Dengan anggaran sebesar Rp 800 juta. Kita targetkan tahun ini pengerjaan struktur bangunan selesai,” tuturnya.

Sedangkan tahun 2025, sambung Irzan, dilanjutkan pengerjaan arsitektur masjid seperti pemasangan keramik lantai 1 dan lantai 2, plafon, jendela serta kubah masjid berbahan kaca.

“Kita lagi usahakan anggarannya tahun 2025 ke TAPD sekitar Rp 6 miliar untuk kubah,” ujarnya.

Menurutnya, kubah kaca memiliki keunggulan. Di antaranya, ada pencahayaan serta sirkulasi udara lebih stabil. Sehingga, bisa mengurangi beban listrik dan pemeliharaan lebih mudah.

Bahkan, kubah kaca juga akan menjadi ikon tersendiri Masjid Agung Bandar Seri Bentan ke depannya. Pasalnya, pada malam hari akan terlihat cahaya lampu warna warni.

“Ini juga bisa menjadi tempat wisata religi, di Kompleks Perkantoran Bupati Bintan, di Bintan Buyu,” jelasnya. (rul)

Baca juga:  Pro Kontra Penghapusan RW, Ashady: Itu Baru Wacana di Pansus
example banner

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini