Beranda Headline

Sudah Dibuka Kembali oleh Roby, Warga Berbondong-bondong ke Mini Zoo Kijang

0
Bupati Bintan Roby Kurniawan dan Wabup Ahdi Muqhstih melepaskan benih ikan di kolam Mini Zoo Kijang, dalam kegiatan soft launching Taman Satwa Kiiang-f/masrun-hariankepri.com

BINTAN (HAKA) – Puluhan warga, mulai dari anak-anak hingga emak-emak datang berbondong-bondong ke Mini Zoo, yang berada di Taman Kota Kijang, Kecamatan Bintan Timur (Bintim), Kabupaten Bintan.

Seorang pengunjung bernama Ernawati mengaku senang, melihat Mini Zoo Kijang dibuka kembali untuk masyarakat. Dirinya datang bersama anaknya, untuk melihat hewan-hewan di dalam taman yang baru saja diresmikan oleh Bupati Bintan Roby Kurniawan.

“Saya senang sudah dibuka lagi Mini Zoo ini. Karena, beberapa tahun terakhir ini ditutup,” ucap Ernawati saat menyaksikan hewan serta fasilitas Mini Zoo, Senin (12/2/2024).

Ernawati mengaku bersama ibunya dan warga lainnya melihat beberapa hewan saat soft launching Taman Satwa Kijang itu. Ia dan anaknya melihat kelinci-kelinci serta burung loverbird dan burung parkit, yang ada di dalam kandang.

Bupati Bintan Roby Kurniawan didampingi istrinya Hafizah Ramadhani sedang menemani anaknya melihat burung merpati yang ada di Taman Mini Zoo Kijang-f/masrun-hariankepri.com

“Saya tinggal di Kampung Keke Kijang. Jadi lebih dekat datang ke Mini Zoo ini. Bisa liat binatang peliharaan sambil foto-foto di sini,” tambahnya sambil akhiri sesi wawancaranya.

Bupati Bintan Roby Kurniawan mengatakan, pihaknya akan terus melakukan pembenahan dan menambah jumlah satwa di Mini Zoo itu. Semoga ini bisa menjadi literasi serta wisata bagi anak-anak didik di Bintan.

“Alhamdulillah, sudah kita launching Taman Satwa Kijang. Setelah diresmikan tahun 2011, dan ditutup tahun 2018 lalu,” terang Roby.

Saat ini, kata Roby, Pemkab Bintan sedang mengurus izin di Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk dapat mendatangkan satwa lainnya maupun hewan yang langka di Mini Zoo Kijang.

Sejumlah pengunjung sedang memberikan makanan ke tiga ekor rusa yang ada di Taman Mini Zoo Kijang saat soft launching Taman Satwa Kijang-f/masrun-hariankepri.com

“Mekanismenya adalah mendapat surat persetujuan dari BKSDA, terus rekomendasi dari Bupati Bintan untuk diteruskan ke Lingkungan Hidup dan Kehutanan,” ucap Roby.

Baca juga:  Bupati Bintan Ingin Warga Kuala Sempang Kembangkan Wisata Olahraga

Dirinya menyampaikan rasa syukur tak terhingga atas dibukanya kembali Mini Zoo tersebut. Sehingga, antusias warga berdatangan untuk menyaksikan hewan-hewan di sini.

“Bahkan sebelum diresmikan, banyak warga dari pulau-pulau datang melihat-lihat Mini Zoo di hari Minggu (11/2/2024) kemarin,” imbuh Roby.

Roby menambahkan, Pemkab Bintan mempersilahkan bagi warga yang memiliki hewan peliharaan untuk dihibahkan ke Mini Zoo Kijang.

“Masyarakat dipersilakan untuk hibahkan hewannya ke sini. Supaya, satwa nya semakin bervariasi di Taman Satwa Kijang,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Bintan Aprizal Bahar mengatakan, satwa yang ada di Mini Zoo Kijang yakni, 3 ekor rusa, puluhan burung loverbird dan burung parkit, sepasang ayam kalkun, 8 ekor kelinci, 4 ekor ayam kate, 4 ekor angsa. puluhan ekor merpati, 9 ekor ayam mutiara, dan 1 ekor kasturi, serta puluhan ekor ikan berbagai jenis di kolam.

Bukan hanya hewan, di Mini Zoo juga ada sejumlah fasilitas pendukung untuk para pengunjung di antaranya toilet serta tempat peristirahatan dan tempat bermain anak-anak.

“Ini dibuka gratis untuk masyarakat, mulai jam 8 pagi sampai sore,” tutupnya. (adv)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini