Beranda Daerah Batam

Semua Ada di Kota Batam, Destinasi Wisata Berskala Internasional

0
Grand Batam Mall, salah satu mall yang menjadi ikon wisata belanja di Batam-f/istimewa-Grand Batam Mall

BATAM (HAKA) – Sebagai salah satu kota tujuan wisata di Indonesia, Batam memiliki keindahan kota yang cukup lengkap. Mulai dari destinasi wisata belanja, alam dengan pantai dan resort mewah.

Ada juga destinasi religi seperti masjid dan vihara terbesar se-Asia Tenggara. Termasuk destinasi hiburan dengan berbagai pilihan pub, KTV dan diskotek.

Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Guntur Sakti mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menetapkan klasterisasi tema pariwisata, di Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam, Bintan-Tanjungpinang, dan Karimun (BBK).

Hal itu tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 1 Tahun 2024, tentang Rencana Induk Pengembangan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam, Bintan, dan Karimun yang diterbitkan 2 Januari 2024.

Dalam Perpres itu dijelaskan, kawasan Batam ditetapkan sebagai pusat kegiatan pariwisata berskala internasional

“Tema pariwisata Batam yakni wisata belanja, pantai, resort, event, MICE dan jasa kesehatan, dan heritage yang dalam hal ini dikawasan Camp Vietman Pulau Galang,” jelasnya.

Lalu apa saja destinasi-destinasi wisata di Batam yang menarik untuk dikunjungi wisatawan? Berikut rekomendasinya.

Wisata Belanja

1. Megamall Batam Center

Ada berbagai pilihan Mal di Batam, di antaranya Megamall Batam Center berada di pusat pemerintahan Kota Batam di Batam Center. Dengan akses mudah karena sangat dekat dengan pelabuhan fery internasional, bahkan ada akses khusus dari pelabuhan tersebut langsung ke Mal.

2. Nagoya Hill

Mal ini juga cukup terkenal dan lengkap. Berada di pusat kota Batam yakni Nagoya. Mal dengan luas area keseluruhan sebesar 7 hektare dan dengan luas mal sebesar 4 hektare, terdapat banyak pilihan outlet fashion, elektronik, kebutuhan sehari-hari, hingga kuliner dan food street. Sehingga mal ini cukup memanjakan wisatawan yang datang.

Baca juga:  Usaha Ansar Direstui Pusat, Lagoi dan Nongsa Diizinkan Terima Kunjungan Wisman

3. Grand Batam

Mal ini adalah mal terbaru di Batam, diresmikan baru beberapa tahun terakhir. Mal dengan konsep yang luxury dengan outlet brand-brand ternama ada di Mal ini. Mal yang selalu ramai dikunjungi ini juga mudah diakses. Terdapat hotel-hotel di sekitar mal.

Wisata Religi

1. Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah

Tampak Depan Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah-f/istimewa

Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah, dapat menjadi pilihan destinasi wisata religi ketika berkunjung ke Kota Batam.
Masjid ini terletak di Kecamatan Sagulung Batuaji, Kota Batam.

Masjid yang diresmikan pada 2019 lalu, didesain dengan perpaduan ornamen kubah khas Turki, dipadu dengan 8 membran atau payung yang mengadopsi masjid Nabawi Madinah, dan paduan warna Kuning, dan hijau di dalam kubah yang menjadi ciri khas Melayu.

2. The Laughing Buddha Temple

Vihara Duta Maitreya di Sei Panas, Batam Center yang menjadi Vihara terbesar di Asia Tenggara

Selain menjadi salah satu surga berbelanja, Batam juga memiliki destinasi wisata religi yang tersebar dibeberapa Kecamatan di Batam. Salah satunya adalah vihara terbesar se-Asia Tenggara.

Vihara Buddha yang dikenal sebagai The Laughing Buddha Temple, Maha Vihara Duta Maitreya. Vihara ini dibangun oleh komunitas Tiongkok di Batam.Maha Vihara Duta Maitreya sering dijadikan destinasi wisata untuk para pemeluk agama Buddha.

Vihara ini didirikan pada tahun 1991 di atas tanah seluas 4 hektar di Jalan Bukit Beruntung, Sungai Panas. Maha Vihara Duta Maitreya diresmikan oleh Menteri Agama Prof. Drs. H. A. Malik Fadjar, M. Sc, di tahun 1999.

Kawasan Harbourbay

Kawasan ini sangat terkenal di Batam. Kawasan ini cukup lengkap. Mulai dari hotel mewah, deretan restoran dan kafe di tepi pantai. Kafe di kawasan ini juga menawarkan berbagai sajian dengan alunan live music sehingga menambah keindahan malam sambil menikmati suasana pantai.

Baca juga:  Jumlah Wisman ke Kepri 80 Ribu Orang, Ansar: Semoga Bisa Tekan Pengangguran
Suasana malam di Kawasan Harbourbay Batam-f/istimewa

Harbourbay juga merupakan pelabuhan internasional menuju Singapura dan Malaysia. Sehingga kawasan ini selalu ramai oleh wisatawan baik lokal maupun asing. Makanya masih kurang rasanya menikmati Batam jika belum ke kawasan ini

Kawasan Nagoya

Kawasan Nagoya Batam sejak dulu menjadi pusat belanja di Batam. Bahkan, daerah ini menjadi surganya bagi wisatawan domestik dan mancanegara untuk berbelanja.

Kawasan Nagoya yang menjadi salah satu pusat perkonomian di Kota Batam-f/arga-hariankepri.com

Di Kawasan ini berjejer pertokoan yang menjual barang-barang dari luar negeri, khususnya dari Singapura. Mulai dari berbagai jenis tas, koper, dompet, sepatu dan jam tangan. Barang-barang branded ini, dipajang di etalase pertokoan sepanjang Kawasan Nagoya.

Tidak hanya pertokoan, di Kawasan Nagoya juga terdapat pusat handphone, yakni Lucky Plaza Mal yang sudah terkenal sejak dulu. Di kawasan ini memang wisatawan akan dimanjakan dengan berbagai jenis merek handphone.

Tidak sampai di situ. Kawasan Nagoya juga berdiri mal yang megah, yakni Nagoya Hill Mal seluas kurang lebih 3 hektare dengan luas area sekitar mal kurang lebih 7 hektare.

Salah satu tempat hiburan di Kawasan Nagoya Batam-f/istimewa

Untuk wisatawan yang akan berlibur cukup panjang juga tidak usah khawatir, karena di kawasan ini juga terdapat banyak sekali hotel.

Mulai dari hotel bintang dua hingga hotel bintang empat. Bahkan, kini sudah banyak apartemen yang disewakan untuk pengunjung di Batam.

Hingar bingar Kawasan Nagoya juga makin terasa di saat hari makin malam. Bagi pengunjung yang suka dengan hiburan malam, di kawasan ini juga terdapat berbagai tempat hiburan mulai dari Family Karaoke, Pub, hingga diskotek.

Hotel dan Resort

Selain hotel-hotel di tengah kota, Batam juga memiliki hotel dan resort mewah yang berada di kawasan Nongsa. Di antaranya Batam View, Turi Beach, dan Montigo Resort. Wisatawan yang berkunjung ke kawasan ini akan dimanjakan dengan keindahan pantai dan laut yang membiru.

Baca juga:  Ansar Resmikan Revitalisasi Pasar Malam: Ini Bisa Tingkatkan Kunjungan Turis
Montigo Resort-f/arga-hariankepri.com

Di beberapa resort juga tersedia private pool dengan view samudera. Di hotel dan resort ini juga disediakan berbagai fasilitas olahraga air. Seperti jet ski, banana boat dan lainnya. (arp)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini