Beranda Daerah Bintan

Sejarah Berulang, Fakta Robi Kurniawan yang Mengulang Kisah Ansar 20 Tahun Silam

0
Wakil Bupati Bintan Robi Kurniawan menandatangani berita acara pelantikan di depan ayahnya, yakni Gubernur Kepri Ansar Ahmad-f/zulfikar-hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – Jumat 26 Februari 2021 akhir pekan lalu, menjadi sejarah baru bagi dunia politik di Provinsi Kepri. Ini kali pertama, seorang kepala daerah, melantik anaknya menjadi wakil kepala daerah.

Dia adalah Ansar Ahmad dan Robi Kurniawan. Ayah dan Anak ini menorehkan tinta emas di Provinsi Kepri. Ansar jadi Gubernur Kepri, Robi jadi Wakil Bupati Bintan. Untuk periode yang sama. 2021 hingga 2024.

Mundur dua dekade silam, tepatnya tahun 2001. Waktu itu, Ansar Ahmad juga memulai karir perdananya sebagai wakil kepala daerah.

Yang berbeda kala itu dan sekarang hanya usia. Saat menjadi wakil bupati, Ansar berusia 37 tahun. Sedangkan Robi, tahun ini genap berusia 28 tahun.

Ansar mulai menjabat Wakil Bupati Kabupaten Kepri (sekarang Bintan), pada 17 Januari tahun 2001.

Ansar tercatat sebagai wakil bupati pertama, dan merupakan eks Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan jabatan terakhirnya adalah, Kabag Perekonomian Setdakab Kepri.

Saat menjadi wabup, Ansar mendampingi Huzrin Hood sebagai Bupati Kepri. Semua orang tau, siapa Huzrin Hood. Dialah tokoh sentral lahirnya Provinsi Kepuluan Riau.

Seiring berjalannya waktu, pasangan ini hanya bertahan sekitar dua tahun. Pasalnya, kala itu, Huzrin Hood harus berurusan dengan penegak hukum, yang membuatnya harus meninggalkan kursi Bupati Kepri.

Tampuk kekuasaan pun berpindah ke tangan Ansar. Pada 4 November 2003, Ansar diangkat menjadi Plt Bupati Kepri selama 8 bulan, atau hingga Juli 2004.

Pada tahun berikutnya, Ansar maju ke Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2005, dan menang bersama Mastur Taher sebagai wakilnya.

Kini, tahun 2021, anak bungsunya Robi Kurniawan juga telah resmi menyandang status orang nomor dua di Kabupaten Bintan.

Melihat fenomena yang dihadapi Pemkab Bintan, dengan hadirnya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), akankah Robi mengulang sukses Ansar, menjadi orang nomor satu di Bintan?
Wallahu a’lam bish-shawabi

Dalam kesempatan pelantikan akhir pekan lalu, ada beberapa pesan penting Ansar yang dititipkannya ke Robi, setelah putra mahkota ini dilantik bersama Apri Sujadi.

“Kalau di rumah dia anak, tapi kalau sudah di Pemerintahan ya tetap profesional,” jelasnya.

Ansar meminta putranya itu dapat bekerja dengan profesional dan selalu amanah dalam memimpin Kabupaten Bintan bersama Apri Sujadi.

Selain itu, mantan Bupati Bintan 2 periode itu pun meminta kepada Robi agar lebih sering turun ke tengah masyarakat untuk mendengar dan mencari solusi atas persoalan yang menurutnya saat ini cukup banyak terjadi di tengah masyarakat

“Harus sering turun ke masyarakat mencari solusi, kerja keras serta amanah dan jangan jemawa,” ucapnya. (fik)

Loading...


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here