Beranda Daerah Batam

Sasar Industri Kreatif, Batam Creator Academy Resmi Beroperasi

0

example banner
Direktur Batam Creator Academy, Socrates bersama salah seorang siswanya-f/istimewa-bca

BATAM (HAKA) – Batam Creator Academy (BCA) angkatan pertama yang digagas Socrates Talk Foundation, resmi bergulir, Sabtu (8/7/2023) dari Studio Taman Bepede Indah, Batam.

Kepala Batam Creator Academy, Eri Syahrial, saat peluncuran kelas perdana, Sabtu (8/7/2023), mengatakan, lembaga ini menawarkan kursus singkat di bidang media publikasi, konten kreasi, teknik fotografi dan videografi.

“Termasuk juga desain komunikasi visual, hingga melatih para pesertanya untuk bisa menjadi pembawa acara, atau Master of Ceremony (MC) profesional,” ungkapnya.

Eri menjelaskan, para siswa angkatan perdana BCA ini mengikuti workshop kelas perdana, mengenai content creation dan industri kreatif.

“Kami menyadari pentingnya content creator yang pada akhirnya dapat menumbuhkan perekonomian Kepri, khususnya Batam,” ujarnya.

Akademi ini kata Eri, sudah menerima pendaftaran peserta sejak Juni 2023, dan memulai kelas perdana dengan komposisi pembelajaran 50 persen teori, dan 50 persen praktek.

Sementara itu, Direktur Batam Creator Academy, Socrates, menambahkan,
penyiapan SDM siap pakai di lembaga ini, diharapkan dapat mendorong transformasi digital di kota Batam.

Foto bersama usai pembukaan kelas perdana Batam Creator Academy oleh Ketua DPRD Kota Batam Nuryanto (kemeja putih), bersama Direktur Batam Creator Academy, Socrates (duduk tengah)-f/istimewa-bca

“Yang kita ajarkan tidak hanya soal materi, praktek dan skill. Tapi juga soal norma dan etika,” ujar pria yang sudah malang melintang puluhan tahun sebagai jurnalis ini.

Materi yang diberikan dalam pelatihan ini adalah untuk mengedukasi para peserta tentang dasar-dasar menjadi influencer atau content creator.

“Seperti video editing, struktur cerita, kelas pembawa acara, kelas fotografi, dan kelas lain yang mendukung keterampilan mereka,” imbuhnya.

Ia menegaskan, lembaga pembelajaran ini juga sudah diverifikasi oleh Dinas Pendidikan, dan mengantongi izin dari PTSP Kota Batam. Akademi ini juga akan berkolaborasi dengan banyak lembaga formal dan non formal dan memperluas cakupan peserta.

Baca juga:  Tuntutan 2 Mantan Kadis Pemprov Kepri: Amjon 14 Tahun, Azman 13,5 Tahun Penjara

“Untuk tahap awal ini, penerimaan peserta memang dibatasi maksimal 20 orang. Namun ke depan, kami akan buka lebih banyak, termasuk variasi program pelatihannya,” tukasnya.

Dalam pembukaan kelas perdana ini, dihadiri Ketua DPRD Batam, Nuryanto sekaligus membuka secara resmi. Hadir juga General Manager Pasific Hotel Batam Peter Markus, Direktur Al Ahmadi Enterpreneur School Lisa Anggraini serta praktisi wirausaha serta traveler, Azhari.

“Niat baik ini perlu didukung banyak pihak. Para praktisi senior media berkumpul dan mau menularkan ilmu dan pengalaman mereka, ini sesuatu yang perlu diapresiasi. ucap Nuryanto disela pembukaan. (arp)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini