Beranda Nasional

Rp 226 triliun, Total Harta Kekayaan Raja Arab Saudi

0
Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud

Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz, akan berlibur ke Bali. Berbagai barang pribadinya sudah tiba di Indonesia, di antaranya adalah eskalator untuk turun dari pesawat.

Cara bepergian yang super mewah ini sudah melekat di nama para anggota Kerajaan Arab Saudi. Berapa total nilai kekayaan raja dari Timur tengah tersebut?

Seperti dikutip dari Forbes, Jumat (24/2/2017), Raja Salman bukanlah yang terkaya di keluarganya. Namun Raja Salman tetap punya harta yang cukup besar, yaitu US$ 17 miliar atau sekitar Rp 226 triliun (kurs Rp 13.300/dolar AS).

Hartanya ini kebanyakan dihasilkan dari perusahaan minyak juga beberapa perusahaan finansial milik keluarga kerajaan. Selain itu, Raja Salman, juga tetap mendapatkan harta yang cukup banyak ketika dia diangkat sebagai raja menggantikan mendiang kakak tirinya, Abdullah.

Harta Abdullah sebesar US$ 18 miliar kebanyakan diwariskan ke Raja Salman. Siapa anggota Kerajaan Arab Saudi yang paling kaya? Tak lain adalah Pangeran Alwaleed bin Talal.

* Ini Dia Raja-raja Paling Kaya di Dunia

Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz, tak lama lagi akan berkunjung ke Indonesia. Raja Salman merupakan salah satu orang ningrat yang hartanya sangat banyak.

Sudah hal yang lumrah buat kaum darah biru untuk bergelimang harta. Namun apakah ada yang paling kaya di antara semuanya?

detikFinance mencoba merangkum dan membandingkan raja-raja yang hartanya banyak dari berbagai sumber, Jumat (24/2/2017). Berikut hasilnya:

5. Raja Mohammed VI dari Maroko US$ 5,7 miliar (Rp 75 triliun)
Mohammed VI naik tahta setelah ayahnya meninggal di 1999. Asetnya termasuk cadangan sumber daya alam di negaranya juga kepemilikan mayoritas saham di OCP Group.

4. Presiden Uni Emirat Arab (UEA), Khalifa bin Zayed Al Nahyan, US$ 15 miliar (Rp 199 triliun)
Al-Nahyan adalah pemimpin UEA di Abu Dhabi. Ia mengendalikan 97,8 miliar barel cadangan minyak, sambil menjalankan perusahan investasi dengan aset US$ 627 miliar.

3. Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz US$ 17 miliar (Rp 226 triliun)
Arab Saudi saat ini jadi pemilik cadangan minyak terbesar dunia, yaitu sebanyak 265 miliar barel atau mewakili 18% cadangan dunia. Salman mendapat warisan cukup besar dari raja sebelumnya yang juga kakak tirinya, Abdullah bin Abdulaziz.

2. Sultan Hassanal Bolkiah dari Brunei US$ 20 miliar (Rp 266 triliun)
Sultan Hassanal Bolkiah sudah memimpin Brunei sejak 1967 dan berhasil melewati masa resesi ekonomi dengan baik. Dengan cadangan minyak yang hanya bertahan untuk 25 tahun saja, Brunei kini mulai meilirik industri lain untuk dikembangkan. Aset pribadi milik sang sultan termasuk koleksi mobil mewahnya yang mencapai 7.000 mobil.

1. Mendiang Raja Thailand Bhumibol Adulyadej US$ 30 miliar (Rp 399 triliun)
Raja Bhumibol meninggal di 2016 setelah berkuasa selama 64 tahun. Sang raja punya saham cukup besar di Siam Cement dan Siam Commercial Bank, juga di Deves Insurance. Kekayaannya ini akan diwariskan ke raja selanjutnya yaitu anaknya sendiri, Maha Vajiralongkorn. (red/detik.com)

Loading...


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here