Beranda Headline

Razia Warga Binaan, Rutan Kelas IIB Karimun Tes Urine Secara Acak

0
Kepala Kesatuan Keamanan Rutan, Yongki Yastinanda (dua dari kiri) bersama petugas gabungan menunjukkan hasil dari razia-f/iyan-hariankepri.com

KARIMUN (HAKA) – Rumah tahanan (Rutan) Kelas IIB Tanjungbalai Karimun, menggelar razia dadakan ke kamar penghuni warga binaan. Razia dilakukan pada Kamis (21/4/2022) malam sekira pukul 20.40 WIB.

Kegiatan ini merupakan salah satu dari rangkaian peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-58, yang jatuh pada 27 April 2022 mendatang.

Razia dadakan yang digelar Rutan tersebut bekerjasama dengan pihak TNI-POLRI hingga Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Karimun.

Kepala Kesatuan Keamanan Rutan, Yongki Yastinanda mengatakan, bahwa tujuan pihaknya menggelar razia untuk mencegah penyalahgunaan seperti handphone, pungli dan narkoba.

“Yang kita razia kali ini langsung kamar hunian warga binaan,” ucapnya.

Yongki juga mengatakan, pihaknya tidak hanya melakukan razia terhadap warga binaan, tetapi juga melakukan tes urine kepada warga binaan, secara random (acak).

“Kita memilih secara acak 10 orang tahanan laki-laki dan 5 tahanan wanita untuk dilakukan tes urine, dan hasilnya semua dinyatakan negatif dari narkoba,” kata Kepala BNN Karimun Eryan Noviandi yang turut hadir dalam razia tersebut.

Sementara dari hasil razia itu, petugas menemukan beberapa barang yang memang terlarang sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Di antaranya, bersifat besi, kaca, mancis, batu, lem, kartu dan sebagainya yang dapat membahayakan. Namun untuk jenis narkoba tidak ada ditemukan.

“Pokoknya kita memastikan di dalam itu tidak ada barang-barang yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban,” ucap Yongki. (yan)



TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini