Beranda Headline

RAPBD Kepri 2017 Rp 3,360 Triliun

0
Suasana sidang paripurna di DPRD Kepri

TANJUNGPINANG – Gubernur H Nurdin Basirun menyampaikan nota keuangan terkait rancangan APBD Tahun 2017 pada sidang Paripurna, Senin (16/01) di ruang sidang utama kantor DPRD, Dompak, Tanjungpinang.

Dalam penyampaiannya tersebut Nurdin menekankan ada beberapa aspek prioritas pada pembangunan antara lain : peningkatan pelayanan dasar, peningkatan infrastruktur dasar dan keterhubungan antarwilayah, pengembangan sektor maritim dan pariwisata.

Kemudian, mengembangkan perikehidupan masyarakat yang agamis, demokratis, berkeadilan, tertib, rukun dan aman di bawah payung budaya Melayu dan peningkatan ekonomi produktif serta pengentasan kemiskinan.

“Prioritas pembangunan tersebut dijadikan acuan dalam penyusunan berbagai program dan kegiatan yang diharapkan dapat berfungsi sebagai instrumen untuk pencapaian sasaran dari masing-masing prioritas pembangunan tersebut,” ujar Nurdin.

Dilanjutkan Nurdin bahwa pada 2017 ini direncanakan anggaran Provinsi Kepri sebesar Rp 3, 360 triliiun. Rinciannya adalah dari pendapatan daerah direncanakan sebesar Rp 3, 201 triliun yang berasal dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp 1, 104 triliun.

Kemudian, dana perimbangan sebesar Rp 1, 678 triliiun dan pendapatan daerah lainnya yang sah sebesar Rp 418,273 miliar. Kemudian belanja daerah direncanakan sebesar Rp 3,360 triliun. Dan, pembiayaan daerah sebesar Rp 159,339 miliar yang merupakan silpa dari anggaran tahun sebelumnya.

“Yang mana dana tersebut dialokasikan berdasarkan prioritas pembangunan melalui program/kegiatan pada SKPD untuk mendukung arah kebijakan pembangunan nasional tahun 2017,” tutup Nurdin. (qey)

Loading...


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here