Beranda Headline

RA Kartini di Mata Ketua Komisi IV DPRD Kepri: Sosok Pejuang Hak Perempuan

0
Ketua Komisi IV DPRD Kepri, Dewi Kumalasari Ansar-f/zulfikar-hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – Pada Minggu, 21 April 2024 kemarin, bangsa Indonesia baru saja memperingati hari lahirnya RA Kartini, seorang pahlawan nasional yang semasa hidupnya, selalu konsen dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia serta emansipasi kaum wanita.

Setelah hampir 149 tahun berlalu, jejak perjuangan RA Kartini sampai hari ini masih terus membekas di tengah masyarakat Indonesia. Tak terkecuali di diri Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Kepri, Dewi Kumalasari Ansar.

Politisi Partai Golkar itu menyebut, berkat RA Kartini, kini kaum perempuan dapat mengambil peran penting dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam bidang pendidikan, ekonomi, politik dan sosial.

Menurutnya, perempuan masa kini harus berani berjuang dalam segala dan harus terus meng-upgrade ilmu pengetahuan.
“Agar mereka dapat bersaing dengan kaum laki-laki di berbagai bidang.

“Seperti di bisnis, politik, sosial dan pendidikan,” katanya, kepada hariankepri.com, Selasa (23/4/2024).

Dewi yang juga Ketua TP PKK Provinsi Kepri ini menegaskan, bahwa RA Kartini merupakan sosok penting dalam memperjuangkan hak-hak perempuan di masa lampau.

Oleh karena itu, semangat Kartini harus terus dijunjung tinggi dalam kehidupan sehari-hari oleh semua perempuan di Indonesia khususnya di Kepulauan Riau.

“Karena beliau Indonesia dapat mewujudkan kesetaraan gender dan perempuan masa kini dapat setara dengan laki-laki tanpa melanggar kodratnya,” ujarnya.

Dewi menggambarkan sosok Kartini sebagai almarhum ibunda tercintanya, karena sosok ibu merupakan seorang pendidik yang pertama dalam mengajarinya tentang ilmu kehidupan yang baik dan berguna hingga saat ini.

“Bagi saya ibu merupakan madrasah bagi seorang anak dalam mendidik dan mencontohkan perilaku yang baik dalam kehidupan sehari-harinya kepada anaknya,” pungkasnya.

Dewi pun mengajak masyarakat untuk terus menginspirasi dan mengikuti jejak Kartini dalam mewujudkan kesetaraan gender dan pembangunan yang berkelanjutan di Provinsi Kepulauan Riau.(kar)

Baca juga:  Usai Ansar Ketemu Menteri, 4 Kabupaten di Kepri Dapat Tambahan 35 Tower BTS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini