Beranda Daerah Natuna

Pulau Laut Waspada Tuberculosis

0
Ilustrasi

Natuna (HAKA) – Masyarakat tiga desa di Kecamatan Pulau Laut mendapat penyuluhan bahaya TB (tuberculosis) serta bantuan masker dari tenaga kesehatan Nusantara Sehat Kementerian Kesehatan, Kamis (24/3). Kegiatan tersebut bagian dari pecegahan agar Pulau Laut bebas dari penyakit saluran pernapasan.

“Tanggal 24 Maret bertepatan dengan Hari TB sedunia. Pulau laut pelopor kampanye TB di Natuna untuk ikut mendukung dan memeriahkan kampanye TB Kemenkes RI. Makanya kita dari Nusantara Sehat bersama pihak Puskemas Pulau Laut langsung turun ke rumah warga membagikan masker sekaligus memberikan penyuluhan soal bahaya TB,” kata Crystian
Dwi Prananda pemegang program TB dari Nusantara Sehat.

Pulau Laut kata dia, angka penderita TB masuk pada tahap waspada atau siaga satu. Apalagi kondisi lingkungan di Pulau Laut kebanyakan jendela rumah tidak dibuka atau dengan istilah lain kurang ventilasi. Hal ini sambung Crystian, membuat udara menjadi pengap dan mendukung pertumbuhan bakteri.

“Bahaya TB dapat menular, baik usia muda tua dan bisa membunuh kita kalau tidak diobati. Bahkan dalam pengobatannya sangat lama bisa sampai 6 bulan. Soalnya menyerang paru – paru,” jelasnya.

Pencegahannya lanjuta Crystian, adalah dengan pola hidup sehat. Tidak merokok dan mengkonsumsi makanan bergizi dan olahraga secara teratur.lRumah sehat kata dia adalah rumah memiliki sirkulasi udara yang baik.

“Meskipun angka kematian tidak ada, cuma tahun 2016 sampai sekarang ditemukan 8 pasien yang positif TB. Dan kemungkinan ini bisa bertambah. Soalnya pas kegiatan banyak ditemukan yang suspek TB,” tutupnya.(fer)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here