Beranda Daerah Anambas

Polda Kepri Rebus 48 Kilogram Kokain Hasil Temuan Dua Nelayan Anambas

0
Wakapolda Kepri Brigjen Pol Rudi Pranoto, bersama Bupati Anambas Abdul Haris serta forkopimda sedang memusnahkan narkotika jenis kokain-f/istimewa-humas polda

ANAMBAS (HAKA) – Wakapolda Kepri Brigjen Pol Rudi Pranoto, memimpin pemusnahan narkotika jenis kokain, seberat 48.473,22 gram atau 48 Kilogram (Kg), di Halaman Polres Kepulauan Anambas, Kamis (21/7/2022).

Barang bukti narkotika tersebut, kata Rudi, ditemukan di 8 TKP, yang berada di wilayah pantai Kabupaten Kepulauan Anambas.

“Kokain dimusnahkan dengan cara direbus, lalu dibuang ke dalam galian dan kemudian ditimbun tanah,” ucap Rudi saat pemusnahan berlangsung.

Keberhasilan mengungkap serta mengamankan barang bukti itu, kata Rudi, merupakan wujud sinergitas serta kolaborasi Polri bersama TNI dan dukungan masyarakat Kepulauan Anambas beserta unsur terkait.

“Selain itu, dapat menyelamatkan ratusan ribu jiwa manusia,” tuturnya.

Rudi juga menghaturkan terima kasih tak terhingga kepada dua nelayan yang pertama kali menemukan 25 bungkus kokain di dalam tas warna hitam di Pantai Tanjuk, Desa Landak, Kecamatan Jemaja, Anambas pada awal Juli 2022 lalu.

Dari laporan mereka ke Bhabinkamtibmas dan Polsek Jemaja, kata Rudi, anggotanya berhasil menemukan sejumlah paket kokain di wilayah Anambas. Dengan total keseluruhan berjumlah 43 bungkus besar.

“Berdasarkan fakta fakta di lapangan, penemuan barang haram itu dari wilayah perairan Malaysia dan Thailand yang terbawa arus angin barat menuju perairan Kepulauan Anambas,” terangnya.

Dari hasil analisa, 43 paket besar kokain itu dibawa oleh sindikat internasional menggunakan kapal ke negara tujuan mereka. Dengan cara mengikat barang bukti itu di bawah lambung kapal.

“Akibat faktor cuaca ekstrim, sehingga barang bukti ini terbawa arus angin Barat dan terdampar di pesisir pantai wilayah Kepulauan Anambas,” imbuhnya.

Rudi menambahkan, pencarian barang haram jaringan internasional itu juga telah melibatkan unsur TNI maupun instansi lainnya.

Turut hadir dalam pemusnahan itu, Dirresnarkoba Polda Kepri Kombes Pol Ahmad David, Kabid Humas Polda Kepri KBP Harry Goldenhardt, Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas Abdul Haris, Kapolres Kepulauan Anambas AKBP Syafrudin Semidang Sakti, dan sejumlah Anggota DPRD serta Forkopimda Kabupaten Kepulauan Anambas. (rul/rilis)







TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini