Beranda Headline

Pesona Pantai Sisi Serasan Natuna, Pernah Jadi yang Terbaik di Dunia

0
Keindahan Pantai Sisi Serasan Natuna-f/tempatwisata.pro

NATUNA (HAKA) – Pulau Serasan, merupakan salah satu kawasan dan destinasi wisata bertemakan geopark di Natuna.

Geopark sendiri merupakan sebuah wilayah geografi, yang memiliki warisan geologi, dan keanekaragaman geologi yang bernilai tinggi.

Termasuk di dalamnya keanekaragaman hayati dan budaya yang menyatu, serta dikembangkan dengan tiga pilar utama, yaitu konservasi, edukasi dan pengembangan ekonomi lokal.

Pulau ini memiliki banyak pantai yang bisa dipilih dan dikunjungi oleh wisatawan. Pulau ini memiliki lebih dari lima pantai yang siap untuk dikunjungi oleh wisatawan.

Di antaranya Pantai tersebut yakni Pantai Resan, Pantai Tarum, Pantai Jodoh, Pantai Sempadi, dan Pantai Sisi.

Di antara kelima pantai tersebut, Pantai Sisi lebih terkenal dibandingkan dengan pantai lainnya. Pantai ini memiliki air laut yang jernih dengan pasir putih.

Bagi nelayan, pantai ini digunakan sebagai tempat persinggahan. Selain itu wisata lautnya juga tak kalah menarik untuk dinikmati oleh wisatawan.

Wisatawan menikmati keindahan Pantai Sisi Serasan-f/Naen Noan

Bagi pecinta bawah air maka wisatawan bisa melakukan snorkeling di sekitar pantai. Selain itu, wisatawan juga dapat melihat penyu yang ada di pulau.

Pantai Sisi terletak ada bagian utara, pulau Natuna berbatasan langsung dengan Kamboja dan Vietnam. Sementara di bagian selatan berbatasan dengan Jambi dan Sumatera Selatan.

Kemudian, di barat, bersebelahan dengan Malaysia dan Singapura dan terakhir, di area timur berdekatan sekaligus berbatasan langsung dengan Kalimantan Barat dan juga Malaysia Timur.

Pantai ini terkenal dengan hamparan pasir putihnya yang luas dan bersih, bahkan panjangnya mencapai 7 kilometer. Itu pun belum termasuk dengan daratan yang juga amat sangat luas sepanjang bentangan pantai.

Pantai Sisi ini pernah dinobatkan sebagai salah satu pantai alami terbaik di dunia atau juga disebut dengan “Best Undiscovered Beach” versi Majalah Islands yang terbit pada edisi September 2006.

Baca juga:  Wako Batam Minta Travel Bubble Ditunda, Saran Ansar: Silahkan Kirim Surat Resmi

Selain pantai yang menjadi daya tarik wisatawan, kerajian khas dari Pulau Sersan juga tak kalah mengambil perhatian wisatawan yang berkunjung.

Kerajinan tikar merupakan kerajinan khas dari pulau yang sudah dilakukan secara turun temurun. Hasil dari kerajinan yang paling terkenal adalah, tikar pandan dengan motif rabun 13 bunga cengkeh.

Keindahan Pantai Sisi yang membentang sejauh 7km-f/natunakab.go.id

Plt Kepala Dinas Pariwisata Kepulauan Riau, Raja Hery Mokhrizal mengatakan, Natuna merupakan salah satu Kabupaten di Kepri dengan segudang destinasi wisata.

Tidak hanya di kawasan Ranai saja, tetapi di kawasan Serasan pun terdapat berbagai pilihan destinasi wisata. Di Pulau ini beragam destinasi wisata bisa dinikmati oleh wisatawan. Mulai dari pantai, taman wisata, air terjun, dan berbagai situs sejarah.

Pemerintah daerah terus mendorong agar pariwisata di kawasan tersebut terus berkembang dan terkenal hingga menjadi daya tarik wisata.

“Kawasan Wisata Serasan juga ditetapkan oleh Gubernur Kepri, Ansar Ahmad sebagai salah satu kawasan strategis pariwisata di Kepri,” ujarnya.

Untuk menuju Pulau Serasan setiap wisatawan harus menggunakan kapal karena jalur yang akan dilewati adalah laut.

Jika bertolak dari Batam, wisatawan dapat menggunakan pesawat. Tetapi tetap saja akan berakhir dengan menggunakan kapal untuk sampai di Pulau Serasan.

Dari Ibu Kota Natuna dapat ditempuh dengan menggunakan kapal pelni KM. Bukit Raya. Sedangkan dari Pelabuhan Penagi, dapat menggunakan Kapal Perintis dengan waktu pelayaran 10 hingga 12 jam.

Untuk wisatawan dari luar yang akan berkunjung, tidak perlu bingung dari mana jalur akan ditempuh. Untuk wisatawan dari luar akan sangat cepat jika melewati Kalimantan Barat (Sambas), Sematan (Malaysia Timur). Jika dari Pontianak dapat ditempuh menggunakan kapal. (arp)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini