Beranda Headline

Perintah Mendagri 4 Daerah di Kepri Harus Tingkatkan Tracing, Termasuk Pinang-Bintan

0
Mendagri Tito Karnavian-f/zulfikar-hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – Mendagri Tito Karnavian, menginstruksikan 4 kabupaten/kota di Provinsi Kepri yakni Kota Tanjungpinang, Kota Batam, Kabupaten Bintan, dan Kabupaten Natuna untuk meningkatkan testing virus Covid-19.

“Testing perlu terus ditingkatkan terhadap suspek, yaitu mereka yang bergejala, dan juga kontak erat,” katanya, dilansir dalam Inmendagri Nomor 23 Tahun 2021, Rabu (21/7/2021).

Untuk meningkatkan testing tersebut, Tito telah menetapkan target testing di ke empat daerah tersebut. Yakni Kabupaten Bintan sebanyak 353 orang per hari, Kota Batam 3.307 orang per hari, Kota Tanjungpinang 468 orang perhari, dan Kabupaten Natuna 115 orang perhari.

Selain itu, Tito juga meminta pelaksanaan tracing perlu dilakukan sampai mencapai lebih dari 15 kontak erat per kasus konfirmasi.

Untuk pelaksanaan karantina, perlu dilakukan pada yang diidentifikasi sebagai kontak erat. Setelah diidentifikasi kontak erat harus segera diperiksa dan karantina perlu dijalankan. Jika hasil pemeriksaan positif maka perlu dilakukan isolasi. Jika hasil pemeriksaan negatif maka perlu dilanjutkan karantina.

“Pada hari ke-5 karantina, perlu dilakukan pemeriksaan kembali untuk melihat apakah virus terdeteksi setelah/selama masa inkubasi. Jika negatif, maka pasien dianggap selesai karantina.” paparnya.

Untuk pelaksanaan treatment, Tito menekankan, jika hal tersebut perlu dilakukan dengan komprehensif sesuai dengan berat gejala.

“Hanya pasien bergejala sedang, berat, dan kritis yang perlu dirawat di rumah sakit. Isolasi perlu dilakukan dengan ketat untuk mencegah penularan,” tegasnya.(kar)

example banner

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here